ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus Nasabah Bank Sumut Syariah Kcpsy Marelan Raya)

Ahmad Bakri Syahputra, Susianto Susianto

Sari


Kinerja merupakan hasil atau tingkat keberhasilan seseorang secara keseluruhan dalam periode tertentu di dalam melaksanakan tanggung jawabnya . Customer Services bertugas untuk memberikan pelayanan agar nasabah menjadi puas. Kepuasan Nasabah merupakan bentuk rasa senang , kelegaan seorang nasabah karena menggunakan suatu produk atau jasa yang telah diberikan, namun pada saat ini sering terjadi ketidakpuasan nasabah pada pelayanan yang diberikan oleh pihak bank, salah satu nya pada Bank Sumut Syariah KCPsy Marelan Raya yang dihadapkan beberapa masalah yaitu menyangkut ketidakpuasan nasabah terhadap pelayanan yang diberikan. Maka dari itu peneliti bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan kinerja customer service  terhadap kepuasan nasabah bank sumut syariah kcpsy marelan raya. Dalam mengetahui  pengaruh kinerja  terhadap kepuasaan nasabah dan pengaruh kualitas pelayanan customer services terhadap kepuasan nasabah peneliti menggunakan spss sebagai menghitung data-data kuesioner yang disebarkan kepada nasabah.SPSS adalah sebuah program aplikasi yang dipergunakan dalam menganalisis data statistika . hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah karena didukung dengan pelayanan customer service yang baik .


Kata Kunci


Kinerja, Kepuasan Nasabah, Customer Serivice, SPSS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antonio M. Syafi’I. Bank Syariah dariTeorikePraktikGema, InsaniPressJakarta, 2001, hlm.34

ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). ANALISIS FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PEMAKAIAN METODE JIT (STUDI KASUS UD. PUSAKA BAKTI). Bisei: JurnalBisnis dan Ekonomi Islam, 4(01).

[3] Departemen Pendidikan Nasional,Kamus Bahasa indonesia (Jakarta: BalaiPustaka, 2007),h. 647.

[4] Dr.A. Muri Yusuf,M.Pd,metodepenelitiankuantitaf, kualitatif dan penelitiangabungan (Jakarta : prenada media 2016) hlm 145-150

[5] Kasmir, (2011)Etika Customers Service. Jakarta: Raja GrafindoPersada

[6] Kasmir, (2015). Bank dan Lembaga KeuanganLainnya. Jakarta : PT. Raja GrafindoPersada

[7] MA. Riza Rahmana, AnalisisFaktor-faktoryang MenentukanKepuasanNasabahPinjaman dan PengaruhnyaterhadapLoyalitasNasabah (Tesis, Magister, Program PascaSarjanaUniversitasDiponegoro, Semarang, 2008), h.0123

[8] https://alquran-indonesia.com/index.php?surah=2&page=28di akses pada tanggal 12julil 2019 pukul 12.09

[9] Arafah, S., &Sembiring, E. A. (2018). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DENGAN PEMAKAIAN METODE PERPEKTUAL TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUICKBOOKS ACCOUNTING SYSTEM (StudiKasus UD. Rizkyassila ULFA). Bisei: JurnalBisnis dan Ekonomi Islam, 3(2).

[10] Smail, PerbankanSyariah,PenerbitKencanaPrenada Media Group, Jakarta,2013, hlm.45

[11] https://alquran-indonesia.com/index.php?surah=2&page=28di akses padatanggal 12julil 2019 pukul 12.09

[12] Arafah, S. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM SYARIAH DI PT. UNILEVER, TBK. Bisei: JurnalBisnis dan Ekonomi Islam, 2(2).

[13] Ridwan, Muhammad . Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online TerhadapPerilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus PadaPengguna Aplikasi Lazada Di Medan)”. Diss. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2018

[14] Hutagalung, M. (2016). PERSEPSI NASABAH TERHADAP APLIKASI DANA QARDHUL HASAN DI BPRS PUDUARTA INSANI TEMBUNG (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

[15] Hutagalung, M. A. K., Fitri, R., & Ritonga, S. R. W. (2019). Generasi Muslim Milenial dan Wirausaha. SINDIMAS, 1(1), 300-304.

Murtani, A. (2019). Peran UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Yayasan Ibadurrahman Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Kecamatan Mandau. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(1), 52-64.

Siregar, E. A. (2019). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI SUMATERA UTARA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 160-170.

Risal, T., & Alexander, A. (2019). Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 118-130.

Risal, T. (2019). PENINGKATAN PERAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN MENGGERAKKAN SEKTOR RIIL DALAM PEMBANGUNAN. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 36-47.

Risal, T. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BMT KAMPOENG SYARIAH. JMB (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 1(1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.