ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BANK SYARIAH (STUDI KASUS DI KEC.PADANG BOLAK KAB.PADANG LAWAS UTARA)
Sari
Penelitian ini menjelaskan persepsi masyarakat terhadap bank syariah, adapun persepsi yang dimaksud adalah persepsi yang timbul atau disebabkan dari pendidikan dan profesi dari masyarakat dan pelayanan dari system perbankan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan data primer dan sekunder. Pengambilan sampel dengan model cluster sampling dan dilanjutkan dengan sample random sampling. Populasi dari penelitian ini dengan menggunakan rumus slovin dengan tingkat eror 10% maka sampel yang didapatkan berjumlah 100. Metode untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data diolah dengan SPSS versi 23.0 for windows dengan metode analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif responden, uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesisHasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pendidikan berpengaruh signifikan terhadap variable persepsi masyarakat terhadap bank syariah. Hal ini membuktikan dengan hasil thitung (4,253) > ttabel (1,985). (2) Profesi tidak berpengaruh signifikan terhadap variable persepsi masyarakat terhadap perbankan syariah. Hal ini membuktikan dengan hasil thitung (1,809) < ttabel (1,985). (3) Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap variable persepsi masyarakat terhadap perbankan syariah. Hal ini membuktikan dengan hasil thitung (4,357) > ttabel(1,985). Hal ini membuktikan dengan hasil fhitung (44,596) > ftabel (2.399) dengan tingkat signifikan 0,000. Variable independen secara bersama-sama mempengaruhi variable dependen dengan melihat besarnya nilai Sig. pada tabel ANOVA jika nilai Sig. lebih kecil dari 0,05 berarti variable independen secara bersama-sama mempengaruhi variable dependen secara signifikan. Pada penelitian ini kolom Anova besarnya Sig. 0,000 ini berarti lebih kecil dari 0,05. Maka hasil penelitian variable independen secara bersama-sama mempengaruhi variable dependen secara signifikan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arafah, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Syariah Di PT. Unilever, TBK, Bisei: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 2(2).
Arafah, S., &Sembiring, E. A. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Dengan Pemakaian Metode Perpektual Terhadap Penggunaan Aplikasi Quicks Books Accounting System (Studi Kasus UD. Rizkyassila ULFA). Bisei: JurnalBisnisdanEkonomi Islam, 3(2).
Gunawan, Ce. Mahir Menguasai SPSS (Mudah Mengolah Data Dengan IBM SPSS statistic 25).
Hutagalung, M. (2016) Persepsi Nasabah Terhadap Aplikasi Dana Qardhul Hasan Di BPRS Puduarta Insani Tembung (Doctoral Dissertation, Univeersitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Hasan, M.Iqbal. Metedologi Penelitian dan Aplikasinya, Ghalia Indonesia, 2002.
Hermawan, Asep dan Husan Leila Yusran, Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kencana, Depok, 2017.
Muhammad. Manajemen Dana Bank Syriah, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2015.
Muslimin. Bank Syariah di Indonesia: Analisis Kebijakan Pemerintah Indonesia Terhadap Perbankan Syariah, UUI Press, Yogyakarta, 2006.
Murtani, A. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. Sindimas, 1(1), 279-283.
Perwataatmadja, Karnaen dan M. Syafei Antonio. Apa dan Bagaimana Bank Islam, PT. Dana Wakaf, Yogyakarta, 1997.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung, 2008.
Sutrisno, Hadi. Metodologi Research (Jilid 2), Andi Offset, Yogyakarta, 2001.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantlitatif Kuantitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung, 2012.
Setiasih, Dani Panca. Analisis Persepsi, Preferensi, Sikap, dan Perilaku Dosen terhadap Perbankan Syariah, IAIN Walisongo, Semarang, 2011.
Murtani, A. (2019). PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. BANK SUMUT SYARIAH CABANG MEDAN. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 177-188.
Murtani, A. (2019). PERAN UPZ (UNIT PENGUMPUL ZAKAT) YAYASAN IBADURRAHMAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN MANDAU. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(1), 52-64.
Murtani, A. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. SINDIMAS, 1(1), 279-283.
Hutagalung, M. A. K., Fitri, R., & Ritonga, S. R. W. (2019). Generasi Muslim Milenial dan Wirausaha. SINDIMAS, 1(1), 300-304.
Hutagalung, M. A. K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARI’AH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 228-239.
Hutagalung, M. A. K. (2019). ANALISA PEMBIAYAAN GADAI EMAS DI PT. BANK SYARI’AH MANDIRI KCP SETIA BUDI. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(1), 116-126.
Masyitah, E. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PPN DAN PPnBM. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 89-104.
Masyita, E., & Harahap, K. K. S. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas. JAKK| Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer, 1(1), 33-46.
Juliana, J., & Arafah, S. (2018). THE MULTIMODAL ANALYSIS OF ADVERTISING TAGLINE" TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL” THROUGH SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS APPROACH. Journal MELT (Medium for English Language Teaching), 3(2), 127-137.
Pasi, I. R. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 189-201.
Sembiring, E. A. (2019). PENGARUH METODE PENCATATAN PERSEDIAAN DENGAN SISITEM PERIODIK DAN PERPETUAL BERBASIS SIA TERHADAP STOCK OPNAME PADA PERUSAHAAN DAGANG DI PT JASUM JAYA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69-77.
Siregar, E. A. (2019). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI SUMATERA UTARA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 160-170.
Risal, T., & Alexander, A. (2019). Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 118-130.
Risal, T. (2019). PENINGKATAN PERAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN MENGGERAKKAN SEKTOR RIIL DALAM PEMBANGUNAN. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 36-47.
Risal, T. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BMT KAMPOENG SYARIAH. JMB (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 1(1).
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241