ANALISIS KEBIJAKAN FISKAL ISLAM MUHAMMAD ABDUL MANNAN

Azwar Majid Winiardi, Santi Arafah

Sari


Dalam menganalisis pendapatnya timbul pendapat yang menyatakan dimana dalam ekonomi kontemporer saat ini konsep kebijakan fiskal masih ada masalah yang belum selesai sehingga belum dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian diperlukan lebih jauh mengupas gambaran tentang kebijakan-kebijakan fiscal. Dalam perekonomian Islam di era Rasulullah SAW. Pada penelitian ini akan membahas tentang bagaimana pemikiran Mannan mengenai kebijakan fiskal dalam ekonomi yang berlandaskan Islam? Apakah ada pemikiran Mannan yang diimplementasikan, jika dikaitkan dengan kebijakan fiskal yang ada di Indonesia? Disini peneliti mengulas penelitian yang berdasarkan kualitatif , begitu juga mengikuti pendekatan yang sesuai dengan kaidah yang berlaku. Data yang paling utama bersumber dari buku yang berkaitan dengan tokoh penelitian ini di antaranya M.Abdul Mannan dengan Tajuk “Teori dan Praktek Ekonomi Islam”; 2) Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam Kontemporer; Havis Aravik,S.H.I.,M.S.I. Data pendukung lainnya dari penelitian ini merupakan dari beberapa sumber untuk memenuhi data yang sudah dibuat. Cara penulis dalam memasukkan data dengan melakukan observasi kemudian mengdokumentasikan data tersebut. Begitu juga untuk penguraian data, disini peneliti melakukan kajian data yang bersifat lebih banyak menjabarkan. Apa yang diperoleh dari penelitian ini pada intinya mengarah pada pendapat M.Abdul Mannan mengenai apa yang disebut kebijakan fiskal atau sistem pengeluaran dan pendapatan negara yang berlandaskan Islam yang mana mengarah pada lebih jauh kemajuan umat manusia dengan berlandaskan penyebaran pembangunan yang merata, bisa juga dikatakan dengan mengacu pada hal-hal yang bersifat duniawi dan akhirat dikedudukan yang setara.


Kata Kunci


M. Abdul Mannan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). Analisis Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Pemakaian Metode Jit (Studi Kasus Ud. Pusaka Bakti). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 4(01), Universitas Potensi Utama, Medan.

Abdul Jalil, 2014, Pemikiran M.Abdul Mannan tentang Kebijakan Fiskal dalam Ekonomi Islam”.IAIN, Semarang.

Arafah, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Syariah Di Pt. Unilever, Tbk. Bisei: JurnalBisnisdanEkonomi Islam, 2(2), Universitas Potensi Utama, Medan.

Hutagalung, M. 2016, Persepsi Nasabah Terhadap Aplikasi Dana Qhardhul Hasan di BPRS Puduarta Insani Tembung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Havis Aravik, 2017, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam Kontemporer, Kencana, Depok.

Isnu Taufikun, 2005, “Studi Analisis Pemikiran Umer Chapra tentang Sumber-Sumber Utama Ekspansi Moneter”, Perpustakaan IAIN, Semarang.

Mannan Abdul, 1997, Teori dan Praktek Ekonomi Islam, Dana Bakti Prima Yasa, Yogyakarta.

Murtani, A. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. SINDIMAS, 1(1), 279-283.

Mustafa Edwin Nasution, 2018, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam, Kencana, Jakarta.

Murtani, A. (2019). PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. BANK SUMUT SYARIAH CABANG MEDAN. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 177-188.

Murtani, A. (2019). PERAN UPZ (UNIT PENGUMPUL ZAKAT) YAYASAN IBADURRAHMAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN MANDAU. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(1), 52-64.

Murtani, A. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. SINDIMAS, 1(1), 279-283.

Hutagalung, M. A. K., Fitri, R., & Ritonga, S. R. W. (2019). Generasi Muslim Milenial dan Wirausaha. SINDIMAS, 1(1), 300-304.

Hutagalung, M. A. K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARI’AH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 228-239.

Hutagalung, M. A. K. (2019). ANALISA PEMBIAYAAN GADAI EMAS DI PT. BANK SYARI’AH MANDIRI KCP SETIA BUDI. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(1), 116-126.

Masyitah, E. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PPN DAN PPnBM. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 89-104.

Masyita, E., & Harahap, K. K. S. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas. JAKK| Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer, 1(1), 33-46.

Juliana, J., & Arafah, S. (2018). THE MULTIMODAL ANALYSIS OF ADVERTISING TAGLINE" TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL” THROUGH SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS APPROACH. Journal MELT (Medium for English Language Teaching), 3(2), 127-137.

Pasi, I. R. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 189-201.

Sembiring, E. A. (2019). PENGARUH METODE PENCATATAN PERSEDIAAN DENGAN SISITEM PERIODIK DAN PERPETUAL BERBASIS SIA TERHADAP STOCK OPNAME PADA PERUSAHAAN DAGANG DI PT JASUM JAYA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69-77.

Siregar, E. A. (2019). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI SUMATERA UTARA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 160-170.

Risal, T., & Alexander, A. (2019). Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 118-130.

Risal, T. (2019). PENINGKATAN PERAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN MENGGERAKKAN SEKTOR RIIL DALAM PEMBANGUNAN. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 36-47.

Risal, T. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BMT KAMPOENG SYARIAH. JMB (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 1(1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.