PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA DAN KINERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PADA 212 MART MEDAN)
Sari
212 Mart merupakan sebuah minimarket pertama yang mengambil konsep syariah yang masih dalam proses pengembangan, sehingga para karyawan pada 212 Mart masih membutuhkan motivasi yang tinggi dari seorang pemimpin untuk dapat mencapai tujuan perusahaan. Adapun maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah motivasi, lingkungan kerja dan kinerja karyawan 212 mart berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan 212 Mart Medan? Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kuantitatif dengan banyak populasi dan sampel sebesar 30 responden dengan metode Non Propability Sampling dengan tekhnik Sampling Jenuh. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan wawancara dengan menggunakan pengukuran skala likert. Analisis data yang digunakna berupa analisis regresi linier berganda dengan taraf signifikan 5%. Pada variabel motivasi didapat nilai r statistic sebesar thitung sebesar 2.297 > ttabel 2.056 dengan nilai signifikan 0,030 < 0,05 maka dianggap signifikan dan berpengeruh positif, dan nilai yang didapat untuk variabel lingkungan kerja nilai statistic sebesar thitung 9.154 > ttabel 2.056 dengan nilai signifikan 0,000<0,05 yang berarti signifikan dan memiliki pengaruh positif, dan untuk variabel kinerja didapat nilai r statistic sebesar thitung 1.728 < ttabel 2.056 dengan nilai signifikan 0,095>0,05 berarti pada variabel kinerja tidak memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan. Berdasarkan hasil uji Koefisen Determinasi (R2) dengan melihat nilai Adjusted R Square sebesar 0,810 berarti bahwa kepuasan kerja karyawan dapat dipengaruhi oleh variabel motivasi, lingkungan kerja dan kinerja sebesar 81%.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arafah, S. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM SYARIAH DI PT. UNILEVER, TBK. Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 2(2)
Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DENGAN PEMAKAIAN METODE PERPEKTUAL TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUICKBOOKS ACCOUNTING SYSTEM (Studi Kasus UD. Rizky assila ULFA). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 3(2).
ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). ANALISIS FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PEMAKAIAN METODE JIT (Studi Kasus UD. Pusaka Bakti). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 4(01).
Edison emron. (2018). Sumber Daya Manusia Strategi dan Perubahan Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi, Bandung: ALFABETA
Fattah Hussein., 2017, Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai Buaya Organisasi, Perilaku Pemimpin EfikasI Diri, Yogyakarta : Almatera, Angota IKAPI
Hutagalung, M. (2016). Persepsi Nasabah Terhadap Aplikasi Dana Qardhul Hasan Di Bprs Puduarta Insani Tembung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Jusmaliani. (2011) Pengelolaan SumberDaya Insani, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Kurniawan Robert, Budi Yuniarto., 2016, Analisis Regresi Dasar dan Penerapannya dengan R”, Jakarta, September
Umar, Husein., 1997, Riset Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Yusuf Muri ., 2015, Metode Penelitian”, Jakarta: Prenadamedia group.
Murtani, A. (2019). PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. BANK SUMUT SYARIAH CABANG MEDAN. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 177-188.
Murtani, A. (2019). PERAN UPZ (UNIT PENGUMPUL ZAKAT) YAYASAN IBADURRAHMAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN MANDAU. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(1), 52-64.
Murtani, A. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. SINDIMAS, 1(1), 279-283.
Hutagalung, M. A. K., Fitri, R., & Ritonga, S. R. W. (2019). Generasi Muslim Milenial dan Wirausaha. SINDIMAS, 1(1), 300-304.
Hutagalung, M. A. K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARI’AH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 228-239.
Hutagalung, M. A. K. (2019). ANALISA PEMBIAYAAN GADAI EMAS DI PT. BANK SYARI’AH MANDIRI KCP SETIA BUDI. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(1), 116-126.
Masyitah, E. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PPN DAN PPnBM. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 89-104.
Masyita, E., & Harahap, K. K. S. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas. JAKK| Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer, 1(1), 33-46.
Juliana, J., & Arafah, S. (2018). THE MULTIMODAL ANALYSIS OF ADVERTISING TAGLINE" TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL” THROUGH SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS APPROACH. Journal MELT (Medium for English Language Teaching), 3(2), 127-137.
Pasi, I. R. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 189-201.
Sembiring, E. A. (2019). PENGARUH METODE PENCATATAN PERSEDIAAN DENGAN SISITEM PERIODIK DAN PERPETUAL BERBASIS SIA TERHADAP STOCK OPNAME PADA PERUSAHAAN DAGANG DI PT JASUM JAYA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69-77.
Siregar, E. A. (2019). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI SUMATERA UTARA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 160-170.
Risal, T., & Alexander, A. (2019). Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 118-130.
Risal, T. (2019). PENINGKATAN PERAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN MENGGERAKKAN SEKTOR RIIL DALAM PEMBANGUNAN. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 36-47.
Risal, T. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BMT KAMPOENG SYARIAH. JMB (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 1(1).
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241