Pengaruh Tingkat Pengetahuan Dan Fasilitas Layanan Zakat Terhadap Keputusan Membayar Zakat Mal Pada Baznas Kabupaten Langkat

Dicky Darmawan, Santi Arafah

Sari


Keputusan membayar zakat merupakan tindakan yang dilakukan seseorang untuk menunaikan kewajibannya membayarkan sebagian harta yang didasarkan pada perintah dalam kaidah Islam. Permasalahan yang terjadi pada lembaga penghimpun dan penyalur zakat adalah ketidaksesuaian antara potensi zakat dan jumlah dana zakat yang terkumpul. Permaslahan tersebut desebabkan oleh beberapa faktor diantaranya faktor keimanan, faktor pendapatan, faktor pemahaman, fakor pelayanan dan seterusnya. Namun yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini adalah faktor pengetahuan / pemahaman dan faktor fasilitas layanan zakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pengetahuan dan fasilitas layanan zakat terhadap keputusan membayar zakat mal pada BAZNAS Kab. Langkat. Penelitian ini bertujuan menguji secara parsial maupun simultan bagaimana tingkat pengetahuan dan fasilitas layanan zakat berpengaruh terhadap keputusan membayar zakat. Sampel dalam penelitian ini adalah muzakki zakat mal pada BAZNAS Kab. Langkat yang berjumlah 45 orang. Penelitian ini  menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data pokok. Kemudian dilanjutkan dengan analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan dan fasilitas layanan zakat berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan membayar zakat. Hasil yang diperoleh dari uji koefisien determinasi (R2) adalah R square pada tabel diatas adalah 0,514. Hal tersebut berarti 51,4 % Keputusan Membayar Zakat Mal dipengaruhi oleh Tingkat Pengetahuan dan Fasilitas Layanan Zakat. Sedangkan sisanya 48,6 % dipengaruhi oleh faktor lain.


Kata Kunci


Tingkat Pengetahuan;, Fasilitas Layanan; Keputusan Membayar zakat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Muhammad, Manajemen Keuangan Syari’ah, UPP STIM YKPN, Yogyakarta, 2016.

al-Kandahlawi, Maulana Muhammad Zakariyya, Fadhilah Sedekah, Terj. Ali Mahfudzi, Ash-Shaff, Yogyakarta, 2006.

Rifa’I, Moh, Fiqih Islam Lengkap, PT. Karya Toha Putra, Semarang, 1978.

Sholihin, Ahmad Ifham, Pedoman Umum Lembaga Keuangan Syari’ah, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2010.

Laporan Keuangan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAZ) Untuk Tahu-Tahun Yang Berakhir 31 Desember 2017 Dan 2016 Dan Laporan Auditor Independen dalam http://baznas.go.id/application/views/assets/keu/LKT/audit2017.pdf diakses tanggal 05 April 2019

REPUBLIKA.co.id “Kemenag: Potensi Zakat Nasional Capai Rp 217 Triliun”. Dalam

a. https://www.google.co.id/amp/s/m.republika.co.id/amp/p4m1gs409 diakses tanggal 15 Maret 2019

ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). ANALISIS FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PEMAKAIAN METODE JIT (STUDI KASUS UD. PUSAKA BAKTI). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 4(01).

Suryani dan Hendrayadi, Metode Riset Kuantitatif, Prenada Media Grup, Jakarta, 2015.

Muhamad, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2008.

Arafah, S. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM SYARIAH DI PT. UNILEVER, TBK. Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 2(2).

Juliandi, Azuar dkk, Metodologi Penelitian Bisnis Konsep & Aplikasi, UMSU Press, Medan, 2014.

Umar, Husein, Metode Riset Bisnis, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003.

Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DENGAN PEMAKAIAN METODE PERPEKTUAL TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUICKBOOKS ACCOUNTING SYSTEM (Studi Kasus UD. Rizky assila ULFA). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 3(2).

Hutagalung, M. A. K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 228-239

Murtani, A. (2019). PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. BANK SUMUT SYARIAH CABANG MEDAN. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 177-188.

Murtani, A. (2019). PERAN UPZ (UNIT PENGUMPUL ZAKAT) YAYASAN IBADURRAHMAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN MANDAU. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(1), 52-64.

Risal, T., & Alexander, A. (2019). Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 118-130.

Masyitah, E. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PPN DAN PPnBM. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 89-104.

Masyita, E., & Harahap, K. K. S. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas. JAKK| Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer, 1(1), 33-46.

Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Dengan Pemakaian Metode Perpektual Terhadap Penggunaan Aplikasi Quickbooks Accounting System (Studi Kasus UD. Rizky assila ULFA). BISEI: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 3(2).

Juliana, J., & Arafah, S. (2018). THE MULTIMODAL ANALYSIS OF ADVERTISING TAGLINE" TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL” THROUGH SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS APPROACH. Journal MELT (Medium for English Language Teaching), 3(2), 127-137.

Pasi, I. R. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 189-201.

Sembiring, E. A. (2019). PENGARUH METODE PENCATATAN PERSEDIAAN DENGAN SISITEM PERIODIK DAN PERPETUAL BERBASIS SIA TERHADAP STOCK OPNAME PADA PERUSAHAAN DAGANG DI PT JASUM JAYA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69-77.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.