Pengaruh Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian “Rabbani” Studi Kasus Universitas Potensi Utama

Titin Sri Astuti Situmeang, Santi Arafah

Sari


Keputusan pembelian konsumen merupakan tahap dalam proses pengambilan keputusan  pembeli dimana konsumen benar-benar membeli. Proses keputusan pembelian tersebut didasarkan pada beberapa tahapan yaitu proses pengenalan masalah (kebutuhan), pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Dalam penelitian ini adalah faktor merek dan faktor kualitas produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh merek dan kualitas produk terhadap keputusan pemmbelian “Rabbani”studi kasus Universitas Potensi Utama. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara parsial maupun simultan bagaimana merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian “Rabbani”. Sampel  dalam penelitian ini yaitu konsumen yang telah membeli “Rabbani” yang berjumlah 150 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Dan dilanjutkan dengan analisis data mengunakan uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa merek dan kualitas produk berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian “Rabbani”. Hasil yang diperoleh dari uji koefisien determinasi (R square) sebesar 0,539. Hal tersebut berarti 53,9% keputusan pembelian “Rabbani” dipengaruhi oleh merek dan kualitas produk sedangkan sisanya 46,1% dipengaruhi oleh faktor lain.


Kata Kunci


Merek; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buchari Alma, 2016, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabet,Bandung.

ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). ANALISIS FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PEMAKAIAN METODE JIT. (STUDI KASUS UD. PUSAKA BAKTI). Bisei: JurnalBisnisdanEkonomiIslam, 4(01).

https://www.rabbani.co.id, di akses pada 30 januari 2018.

Rangkuti, 2013, Perilaku Konsumen, ANDI, Yogyakarta.

Arafah, S. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM SYARIAH DI PT. UNILEVER, TBK. Bisei: JurnalBisnisdanEkonomiIslam, 2(2).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2010.

Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DENGAN PEMAKAIAN METODE PERPERKTUAL TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUICKBOOKS ACCOUNTING SYSTEM (studi kasus UD. Rizkyassila ULFA). Bisei: JurnalBisnisdanEkonomiIslam, 3(2).

Hutagalung, M. A. K. (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARI’AH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 228-239.

Imam, Ghozali (2017), Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS 23, Universitas Diponegoro.

Hutagalung, M. (2016). PERSEPSI NASABAH TERHADAP APLIKASI DANA QARDHUL HASAN DI BPRS PUDUARTA INSANI TEMBUNG (Doctoral dissertattion, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Jasfar, Farida (2005), Manajemen Jasa, Ghalia Indonesia, Bogor.

Hutagalung, M. A. k., & Ritonga, S. R. W. (2019). Generasi Muslim Milenial dan Wirausaha. SINDIMAS, 1(1), 300-304.

Masyitah, E. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PPN DAN PPnBM. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 89-104.

Masyita, E., & Harahap, K. K. S. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas. JAKK| Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer, 1(1), 33-46.

Juliana, J., & Arafah, S. (2018). THE MULTIMODAL ANALYSIS OF ADVERTISING TAGLINE" TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL” THROUGH SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS APPROACH. Journal MELT (Medium for English Language Teaching), 3(2), 127-137.

Pasi, I. R. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 189-201.

Sembiring, E. A. (2019). PENGARUH METODE PENCATATAN PERSEDIAAN DENGAN SISITEM PERIODIK DAN PERPETUAL BERBASIS SIA TERHADAP STOCK OPNAME PADA PERUSAHAAN DAGANG DI PT JASUM JAYA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69-77.

Murtani, A. (2019). PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. BANK SUMUT SYARIAH CABANG MEDAN. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 177-188.

Murtani, A. (2019). PERAN UPZ (UNIT PENGUMPUL ZAKAT) YAYASAN IBADURRAHMAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN MANDAU. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(1), 52-64.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.