ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN TAMU MENGINAP DI HOTEL SAUDARA SYARIAH MEDAN
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tamu dalam menentukan keputusan t menginap pada hotel saudara syariah. Fokus dalam penelitian ini yaitu menggunakan variabel independen fasilitas, harga, lokasi, kualitas pelayanan terhadap variabel dependen keputusan tamu menginap. Penelitian ini dilakukan di hotel saudara syariah.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner sebanyak 92 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan non probability sampling (sampling insidentalsampling), yaitu teknik penentuan sample berdasarkan kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner. Metode Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan f, dan analisis koefisien deteminasi.Hasil penelitian ini terlihat pada tabel bahwa nilai uji t variabel fasilitas sebesar 5,528 dimana nilai t tabel sebear 1,987 maka dapat disimpulkan bahwa variabel fasilitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan tamu menginap. Pada nilai uji t terlihat variabel harga sebesar 1,307 dimana nilai t tabel 1,987 maka dapat disimpulkan bahwa variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan tamu menginap. Pada uji t terlihat variabel lokasi sebesar 4,867 dimana nilai t tabel sebesar 1,987 maka dapat disimpulkan bahwa variabel lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan tamu menginap. Pada uji t terlihat variabel kualitas pelayanan sebesar 1,022 dimana nilai t tabel 1,987 maka dapat disimpulkan bahwa variabel keputusan menginap tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan tamu menginap. fasilitas, harga, lokasi, kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan tamu menginap. hal ini menunjukkan hasil Fhitung sebesar 25,603 lebih besar dari ftabel 2,50 dengan tingkat signifikansi 0,000. Kemudian angka R Square sebesar0,541 menunjukkan bahwa 54,1 persen berarti variabel independen (fasilitas, harga,lokasi dan kualitas pelayanan) dapat mempengaruhi variabel dependen (keputusan tamu menginap) sedangkan sisanya 45,9 persen dipengzruhi oleh variabel lain yang diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agung Permana Budi (2013), Manajemen Marketing Perhotelan, Yogyakarta.
Agus Sulastyono (2016)Manajemen Penyelenggaraan Hotel,Alfabeta, Bandung.
Aulia Fadhli (2018) Manajemen Hotel Syariah, Gava Media, Yogyakarta.
Arnita (2013), pengantar statistik, citapustaka media perintis, Bandung.
Murtani, A. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. SINDIMAS, 1(1),279-283
Hutagalung, M. A. K. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan bagi hasil terhadap minat masyarakat menjadi nasabah bank syariah. Jurnal al- qasd islamic economic alternatif, 1(2), 228-239
Arafah, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Syariah di PT. UNILEVER, TBK. Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 2(2).
Poltak Sinambela, Lijan. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2014
Yuliardi, Ricki dan Zuli Nuraeni. Statistika Penelitian Plus Tutorial SPSS, Innosain, Yogyakarta, 2017.
Budi Sulistiono, Ari. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Keptusan Menginap (Studi pada tamu Hotel Srondol Indah Semarang) (skripsi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang, 2010.
Lijan Poltak Sinambela, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2014, hlm, 111
Fatchrurohman, Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menginap Konsumen di Hotel Kudus Permata slawi, (Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negri Semarang, 2011.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2008.
Machali, Imam. Metode Penelitian Kuantitatif, Penerbit Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Yogyakarta, 2016.
Masyitah, E. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PPN DAN PPnBM. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 89-104.
Masyita, E., & Harahap, K. K. S. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas. JAKK| Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer, 1(1), 33-46.
Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Dengan Pemakaian Metode Perpektual Terhadap Penggunaan Aplikasi Quickbooks Accounting System (Studi Kasus UD. Rizky assila ULFA). BISEI: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 3(2).
Juliana, J., & Arafah, S. (2018). THE MULTIMODAL ANALYSIS OF ADVERTISING TAGLINE" TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL” THROUGH SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS APPROACH. Journal MELT (Medium for English Language Teaching), 3(2), 127-137.
Pasi, I. R. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 189-201.
Sembiring, E. A. (2019). PENGARUH METODE PENCATATAN PERSEDIAAN DENGAN SISITEM PERIODIK DAN PERPETUAL BERBASIS SIA TERHADAP STOCK OPNAME PADA PERUSAHAAN DAGANG DI PT JASUM JAYA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69-77.
Siregar, E. A. (2019). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI SUMATERA UTARA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 160-170.
ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). ANALISIS FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PEMAKAIAN METODE JIT (STUDI KASUS UD. PUSAKA BAKTI). BISEI: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 4(01).
Risal, T., & Alexander, A. (2019). Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 118-130.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241