PENGARUH INSENTIF DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP RETENSI KARYAWAN PADA HOTEL TRANSIT SYARIAH MEDAN

Pratiwi Natasiah, Santi Arafah

Sari


Karyawan merupakan salah satu aset utama dalam suatu perusahaan, dengan adanya karyawan maka perusahaan dapat menjalankan kegiatan operasional seperti membuat rencana, keputusan, sistem, proses dan menjalankan visi misi perusahaan. Pada setiap industri perhotelan tentu menerapkan manajemen sumber daya manusia untuk meningkat jasa pelayanan disetiap perhotelan sama halnya seperti Hotel Transit Syariah Medan yang sangat memperhatikan kinerja pelayanan karyawan mereka kepada setiap pelanggan hotel serta perlunya retensi atau cara mempertahan karyawawan yang berpotensial untuk tetap memiliki loyalitas kepada perusaahn. Pada data pengunduran diri karyawan Hotel Transit Syariah Medan tahun 2018 setiap bulannya mengalami perubahan yang signifikan jumlah karyawan yang keluar dari hotel ini dimana pada awal bulan Januari sebanyak 10 orang kemudian pada akhir Desember  mengalami kenaikan sebanyak 30 orang. Dari data tersebut belum diketahui penyebab utama terhadap pengunduran diri karyawan maka perlu adanya analisa terhadap pengaruh untuk retensi karyawan atau cara perusahaan mempertahan karyawan yang memiliki potensial terhadap kinerja perhotelan maka perlu adanya beberapa hal yang dilakukan oleh pihak perhotelan seperti adanya Insentif yang memotivasi karyawan sehingga karyawan tersebut dapat dipertahankan.


Kata Kunci


Karyawan; Insentif; Motivasi Kerja; Retensi Karyawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arafah, S. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM SYARIAH DI PT. UNILEVER, TBK. Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 2(2).

Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DENGAN PEMAKAIAN METODE PERPEKTUAL TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUICKBOOKS ACCOUNTING SYSTEM (Studi Kasus UD. Rizky assila ULFA). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 3(2).

Hutagalung, M. A. K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARI’AH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 228-239.

Hutagalung, M. (2016). PERSEPSI NASABAH TERHADAP APLIKASI DANA QARDHUL HASAN DI BPRS PUDUARTA INSANI TEMBUNG (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Murtani, A. (2019). PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. BANK SUMUT SYARIAH CABANG MEDAN. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 177-188.

Risal, T., & Alexander, A. (2019). Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 118-130.

Masyitah, E. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PPN DAN PPnBM. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 89-104.

Masyita, E., & Harahap, K. K. S. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas. JAKK| Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer, 1(1), 33-46.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.