FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT (STUDI BAZNAS SUMATERA UTARA)

Liza Amelia, Alim Murtani

Sari


Di dalam penelitian yang dilakukan oleh penulis bertujuan untuk menganalisis hal  yang mempengaruhi muzakki dalam membayar zakat (Studi Baznas Sumatera Utara). Ada lima variabel independen yang digunakan didalam penelitian ini X1 = Religiusitas, X2 = Pelayanan, X3 = Pendapatan, X4 = Akuntabilitas, X5 = Transparansi. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah Y = Apakah faktor religiusitas, pelayanan, pendapatan, akuntabilitas, dan transparansi berpengaruh atau tidak terhadap muzakki dalam membayar zakat pada Baznas Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen. Adapun yang menjadi  Objek penelitian yang digunakan adalah adalah “Baznas Sumatera Utara” sedangkan jumlah respondennya adalah sebanyak  80 muzakki. Kesimpulan dari  penelitian bahwa faktor yang mempengaruhi muzakki dalam membayar zakat disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, berdasarkan faktor Religiusitas (X1), faktor Pelayanan (X2), faktor pendapatan (X3), faktor  Akuntabilitas (X4) dan Transparansi (X5).faktor tersebut berpengaruh secara simultan apabila  thitung lebih besar dari ttabeldimana religiusitas X1 thitung (5,134) > ttabel (1,993) maka dapat disimpulkan bahwa religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat. pelayanan X2 thitung (2,229) > ttabel (1,993) maka dapat disimpulkan bahwa pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat. pendapatans X3 thitung (3,388) > ttabel (1,993) sehingga dapat diambil kesimpulan  bahwa minat muzakki membayar zakat dipengaruhi positif oleh pelayanan. akuntabilitas  X4 thitung (0,054) < ttabel (1,993) maka dapat disimpulkan bahwa akuntabilitas  tidak berpengaruh positif signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat. transparansi X5 thitung (2,236) > ttabel (1,993) maka dapat disimpulkan bahwa transparansi berpengaruh positif signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat.

Kata Kunci


Religiusitas; Pelayanan; Pendapatan; Akuntabilitas; Transparansi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andri, Soemitra. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, (Jakarta, Kencana 2010).

ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). ANALISIS FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PEMAKAIAN METODE JIT. (STUDI KASUS UD. PUSAKA BAKTI). Bisei: JurnalBisnisdanEkonomiIslam, 4 (01).

Arafah, S. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM SYARIAH DI PT. UNILEVER, TBK. Bisei: JurnalBisnisdanEkonomiIslam,2(2).

Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DENGAN PEMAKAIAN METODE PERPEKTUAL TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUICKBOOKS ACCOUNTING SYSTEM (Studi Kasus UD. Rizkyassila ULFA). Bisei: JurnalBisnisdanEkonomiIslam, 3(2).

Asnain, Zakat produktif dalam perspektif Hukum Islam, (Yogyakarta : pustaka pelajar 2008).

Hutagalung, M. (2016). PERSEPSI NASABAH TERHADAP APLIKASI DANA QARDHUL HASAN DI BPRS PUDUARTA INSANI TEMBUNG (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Kartika Sari, Elsi. Pengantar Hukum Zakat dan Wakaf, (Jakarta, PT Grasindo, 2010).

Murtani, A. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabun. SINDIMAS, 1 (1), 279-283.

Niken Fidyah Ramadhani, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Pengumpulan Zakat, Infaq, Dan Shoddaqoh Pada Badan Amil Zakat Daerah Sumut, Wawancara, Maret-April 2014.

Riska Satia Wardhani, Dewi Rahmi, Westi Riani Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Muzakki dalam Membayar Zakat Melalui LAZ Rumah Zakat Kota Bandung, 2017.

Masyitah, E. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PPN DAN PPnBM. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 89-104.

Masyita, E., & Harahap, K. K. S. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas. JAKK| Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer, 1(1), 33-46.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.