PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DAN KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KCP MEDAN MARELAN RAYA

Nuraina Nuraina, Santi Arafah

Sari


Kepuasan nasabah merupakan faktor terpenting dalam berbagai kegiatan bisnis. Kepuasan pelanggan adalah tanggapan konsumen terhadap evaluasi ketidak sesuain yang dirasakan antara harapan yang sebelumnya dengan kinerja produk yang dirasakan. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat penelitian, yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah dan kepuasan nasabah pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Medan Marelan Raya. Hasil Pembahasan dalam penelitian Pada data kualitas pelayanan sebesar 0.195>0,05,  data loyalitas nasabah sebesar 0.080>0,05, dan data kepuasan nasabah sebesar 0.097>0,05, maka dapat disimpulkan bahwa data kualitas pelayanan, loyalitas nasabah dan kepuasan nasabah dinyatakan normal. Berdasarkan hasil signifikansi homogenitas 0,735 (>0,05) menunjukkan variabel loyalitas nasabah adalah homogen, dengan Levene Statistic 0,668. Signifikansi homogenitas 0,703 (>0,05) menunjukkan variabel kepuasan nasabah adalah homogen, dengan Levene Statistic 0,705. Uji Levene’s yang menunjukkan bahwa terdapat kesetaraan nilai varian pada variabel loyalitas nasabah (F=0,753; p>0,05) dan kepuasan nasabah (F=0,832; p>0,05). Artinya variabel loyalitas nasabah memiliki kesetaraan nilai varian pada variabel kepuasan nasabah. Dari uji multivariate terdapat nilai signifikan test untuk Hotelling’s Trace sebesar 1,724>0,035 yang berarti variabel kualitas pelayanan, loyalitas nasabah dan kepuasan nasabah layak masuk model multivariate

Kata Kunci


Kualitas Pelayanan; Loyalitas Nasabah; Kepuasaan Nasabah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). Analisis Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Pemakaian Metode Jit (Studi Kasus Ud. Pusaka Bakti). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 4(01), Universitas Potensi Utama, Medan Arafah, S. 2017. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM SYARIAH DI PT. UNILEVER, TBK. Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 2(2).

Antoni Syaafi’I Muhammad. 2001. Bank Syariah:Dari Teori ke praktik, Jakarta:Gema Insani Press

Arafah, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Syariah Di Pt. Unilever, Tbk. Bisei: JurnalBisnisdanEkonomi Islam, 2(2), Universitas Potensi Utama, Medan.

Arafah, S., &Sembiring, E. A. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Dengan Pemakaian Metode Perpektual Terhadap Penggunaan Aplikasi Quickbooks Accounting System (StudiKasus UD. Rizkyassila ULFA). Bisei: JurnalBisnisdanEkonomi Islam, 3(2), Medan.

F, Ariyani. 2008. Membangun Loyalitas Nasabah Melalui Peningkatan Kualitas Pelayanan Dan Keunggulan Produk Studi Empiris Pada PT. Bank Bukopin Tbk Di Kota Semarang, Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana, Universitas Diponegoro Semarang

Hutagalung, M. A. K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syari’ah. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(2), 228-239

Supriyanto. 2003. Kumpulan Artikel Psikologi Populer. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sofyan & A., Ihsan, I.D.G.A, Putrawan. 2010. Pembuatan Karbohidrazida, Prosiding Seminar Rekayasa Kimia dan Proses. 8-10 Agustus 2010, Universitas Diponegoro

Tjiptono, Fandi. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Wiratna V, Sujarweni. 2015. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Murtani, A. (2019). Peran UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Yayasan Ibadurrahman Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Kecamatan Mandau. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(1), 52-64.

Hutagalung, M. A. K., Fitri, R., & Ritonga, S. R. W. (2019). Generasi Muslim Milenial dan Wirausaha. SINDIMAS, 1(1), 300-304.

Masyita, E., & Harahap, K. K. S. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas. JAKK| Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer, 1(1), 33-46.

Juliana, J., & Arafah, S. (2018). THE MULTIMODAL ANALYSIS OF ADVERTISING TAGLINE" TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL” THROUGH SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS APPROACH. Journal MELT (Medium for English Language Teaching), 3(2), 127-137.

Pasi, I. R. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 189-201.

Sembiring, E. A. (2019). PENGARUH METODE PENCATATAN PERSEDIAAN DENGAN SISITEM PERIODIK DAN PERPETUAL BERBASIS SIA TERHADAP STOCK OPNAME PADA PERUSAHAAN DAGANG DI PT JASUM JAYA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69-77.

Siregar, E. A. (2019). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI SUMATERA UTARA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 160-170.

Risal, T., & Alexander, A. (2019). Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 118-130.

Risal, T. (2019). PENINGKATAN PERAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN MENGGERAKKAN SEKTOR RIIL DALAM PEMBANGUNAN. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 36-47.

Risal, T. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BMT KAMPOENG SYARIAH. JMB (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 1(1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.