PENGARUH PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS SALON MUSLIMAH CABANG MEDAN SUNGGAL)

Nur Mewah, Santi Arafah

Sari


Dalam penelitian  yang dilakukan memiliki beberapa tujuan dalam mengetahui hal dimana seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan serta penentuan harga secara kompleks dapat mempengaruhi kepuasan konsumen Salon Muslimah Cabang Medan Sunggal, seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan penentuan harga secara terpisah terhadap kepuasan konsumen Salon Muslimah Cabang Medan Sunggal, seberapa besar pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan Salon Muslimah Cabang Medan Sunggal, seberapa besar pengaruh penentuan  harga dalam mengukur besarnya loyalitas pelanggan yang dimediasi kepuasan konsumen Salon Muslimah Cabang Medan Sunggal, dan yang terakhir seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi kepuasan konsumen Salon Muslimah Cabang Medan Sunggal.Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah jenis penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian  deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. Fenomena itu bisa berupa bentuk, aktivitas, karakteristik, perubahan,  hubungan, kesamaan,dan perbedaan antara fenomena yang satu dengan fenomena lainnya. Dilandasi  hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dalam penelitian ini, dapat diambil kesimpulan dimana Kualitas pelayanan dan penentuan harga sangat berpengaruh besar terhadap kepuasan konsumen. Kesimpulan ini dibuktikan dengan menghitung nilai F hitung sebesar 35,962 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Kualitas pelayanan dan penentuan harga memiliki pengaruh yang baik secara individu terhadap kepuasan konsumen. Kesimpulan ini dibuktikan dari nilai t hitung pada variabel kualitas pelayanan sebesar 0,945 nilai signifikansi 0,348 dengan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,122 dan nilai t hitung pada variabel persepsi harga sebesar 7,969 nilai signifikansi 0,000 dengan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,769


Kata Kunci


Persepsi Harga; Kualitas Pelayanan; Loyalitas Pelanggan; Kepuasan Pelanggan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arafah, S., &Sembiring, E. A. (2018). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DENGAN PEMAKAIAN METODE PERPEKTUAL TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUICKBOOKS ACCOUNTING SYSTEM (StudiKasus UD. Rizkyassila ULFA). Bisei: JurnalBisnisdanEkonomi Islam, 3(2).

ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). ANALISIS FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PEMAKAIAN METODE JIT (STUDI KASUS UD. PUSAKA BAKTI). Bisei: JurnalBisnisdanEkonomi Islam, 4(01).

Arafah, S., & Juliana, J. (2018, August). The Comparison of Satisfaction Level between Face to Face Conference and Teleconference Usage on Employee’Performance. In 2018 6th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM) (pp. 1-6). IEEE.

Arafah, S. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM SYARIAH DI PT. UNILEVER, TBK. Bisei: JurnalBisnisdanEkonomi Islam, 2(2).

Hutagalung, M . (2016). PERSEPSI NASABAH TERHADAP APLIKASI DANA QARDHUL HASAN DI BPRS PUDUARTA INSANI TEMBUNG (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)

Jasfar, F. (2002). Perbedaan Peranan Tingkat Kepuasan, Kepercayaan dan Komitmen Pelanggan Hotel. Bisnis dan Akuntansi, 4 No 1, 54-73.

Karim, A. A. (2010). Prosek dan Tantangan Ekonomi Syariah. Jakarta: Jaya Grafindo.

Murtani, A. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. SINDIMAS, 1(1), 279-283.

Juliana, J., & Arafah, S. (2018). THE MULTIMODAL ANALYSIS OF ADVERTISING TAGLINE" TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL” THROUGH SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS APPROACH. Journal MELT (Medium for English Language Teaching), 3(2), 127-137.

Pasi, I. R. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 189-201.

Sembiring, E. A. (2019). PENGARUH METODE PENCATATAN PERSEDIAAN DENGAN SISITEM PERIODIK DAN PERPETUAL BERBASIS SIA TERHADAP STOCK OPNAME PADA PERUSAHAAN DAGANG DI PT JASUM JAYA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69-77.

Siregar, E. A. (2019). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI SUMATERA UTARA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 160-170.

ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). ANALISIS FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PEMAKAIAN METODE JIT (STUDI KASUS UD. PUSAKA BAKTI). BISEI: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 4(01).

Risal, T., & Alexander, A. (2019). Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 118-130.

Risal, T. (2019). PENINGKATAN PERAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN MENGGERAKKAN SEKTOR RIIL DALAM PEMBANGUNAN. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 36-47.

Risal, T. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BMT KAMPOENG SYARIAH. JMB (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 1(1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.