ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT DALAM MENUNAIKAN WAKAF (Studi di Badan Wakaf Indonesia Sumatera Utara)

Novita Ramawanti, Alim Murtani

Sari


Wakaf merupakan menahan harta yang dapat diambil manfaatnya tanpa musnah dan untuk penggunaan yang mubah (tidak dilarang syara) serta dimaksudkan untuk mendapatkan keridhoan dari Allah SWT. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam menunaikan wakaf di Badan Wakaf Indonesia (BWI) Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi dan keperpustakaan dan data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS 18. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan beberapa uji seperti uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini bahwa variabel pengetahuan, sosialisasi dan pendidikan secara bersama-sama mempengaruhi minat masyarakat dalam menunaikan wakaf di Badan Wakaf Indonesia Sumatera Utara. Sedangkan secara parsial variabel Pengetahuan (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat dalam menunaikan wakaf dengan nilai 0,007, variabel Sosialisasi (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat dalam menunaikan wakaf dengan nilai 0,000 dan untuk variabel Pendidikan (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat dalam menunaikan wakaf dengan nilai 0,043. Sedangkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,510 atau 51,0% yang  kesimpulannya bahwa kontribusi variabel independen hanya menjelaskan variabel dependen sebesar 51,0% sedangkan sisanya 49,0% dijelaskan oleh variabel lainnya.


Kata Kunci


Wakaf; Pengetahuan; Sosialisasi; Pendidikan; Minat Masyarakat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nurfaidah. (2016). WAKAF DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI SYARIAH. Jurnal Al-Adl 9 (1).

Handayani. (2015). ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT KOTA BOGOR TERHADAP WAKAF UANG. Jurnal Syarikah 1 (2).

Medias, Fahmi. (2010). WAKAF PRODUKTIF DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Jurnal Ekonomi Islam 4 (1).

Murtani, A. (2019). PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. BANK SUMUT SYARIAH CABANG MEDAN. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative 1 (2).

Arafah, S. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM SYARIAH DI PT. UNILEVER, TBK. Bisei : Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 2 (2).

Sambas, Abas. (2014). PERKEMBANGAN PENGELOLAAN WAKAF DI INDONESIA POTENSI DAN TANTANGAN. Jurnal Bimas Islam, 7 (4).

Basuki, Agus, Tri Dan Nano Prawoto. (2016). ANALISIS REGRESI DALAM PENELITIAN EKONOMI DAN BISNIS. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bungin, Burham. (2005). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITAIF. Depok: Prenada Media Group.

Hikmat, Mahi M. (2011). METODE PENELITIAN. Yogyakata: Graha Ilmu.

Purwanto, Agus Erwan. (2017).METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Yogyakarta: Gava Media.

Redan, Basilus. (2015). PENDEKATAN KUANTITATIF DALAM PENELITIAN SOSIAL. Yogyakarta: Calpilus.

Sugiarto. (2017). METODOLOGI PENELITIAN BISNIS. Yogyakarta : ANDI.

Sujarweni, Wiratna. (2015). METODOLOGI PENELITIANBISNIS DAN EKONOMI. Yogyakarta: Puataka Baru Press.

Yusuf, Ari. (2014).METODE PENELITIAN. Jakarta: Kencana.

Pasi, I. R. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 189-201.

Sembiring, E. A. (2019). PENGARUH METODE PENCATATAN PERSEDIAAN DENGAN SISITEM PERIODIK DAN PERPETUAL BERBASIS SIA TERHADAP STOCK OPNAME PADA PERUSAHAAN DAGANG DI PT JASUM JAYA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69-77.

Siregar, E. A. (2019). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI SUMATERA UTARA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 160-170.

ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). ANALISIS FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PEMAKAIAN METODE JIT (STUDI KASUS UD. PUSAKA BAKTI). BISEI: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 4(01).

Risal, T., & Alexander, A. (2019). Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 118-130.

Risal, T. (2019). PENINGKATAN PERAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN MENGGERAKKAN SEKTOR RIIL DALAM PEMBANGUNAN. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 36-47.

Risal, T. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BMT KAMPOENG SYARIAH. JMB (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 1(1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.