ANALISIS PENGARUH LOKASI, HARGA, BRAND DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT BERBELANJA DI 212 MART MEDAN

Muhammad Sanjani, Alim Murtani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lokasi, harga, brand dan variasi produk terhadap keputusan masyarakat berbelanja di 212 mart medan. Studi kasus pada konsumen(masyarakat) yang berbelanja 212 mart jalan HR. Hakim. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari 67 konsumen 212 mart. data yang diolah dalam penelitian ini menggunakan persamaan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil, diperoleh persamaan regresi: 3,684 + 0,297X1 + 0,372X2+ 0,622X3+(-0,468X4)+e. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Skala yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. dan data yang digunakana dalam penelitian ini menggunakan data panel. berdasarkan analisis data statistik, indikator dalam penelitian ini valid dan reliabel. Dalam uji asumsi klasik, tidak terjadi multikolinieritass dan heterokedastisitas, serta data berdistribusi normal. Hasil uji statistik penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Variabel faktor lokasi (X1) menunjukkan nilai t hitung sebesar 3,299 > t tabel 1,99. Berarti variabel (X1) faktor lokasi berpengaruh terhadap variabel (Y) yaitu keputusan masyarakat berbelanja. Variabel faktor harga (X2) menunjukkan nilai t hitung sebesar 4,342 > t tabel 1,99 bahwa variabel (X2) faktor harga berpengaruh terhadap variabel (Y) yaitu keputusan masyarakat berbelanja. Variabel faktor brand (X3) menunjukkan nilai t hitung sebesar 7,930 > t tabel bahwa variabel (X3) faktor brand berpengaruh terhadap variabel (Y) yaitu keputusan masyarkat berbelanja . Variasi produk tidak berpengaruh terhadap keputusan masyarakat berbelanja di 212 mart medan.Variabel faktor variasi produk (X4) menunjukkan nilai t- hitung sebesar -5,270 < t tabel 1,99 dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel (X4) faktor variasi produk tidak berpengaruh terhadap (Y) yaitu keputusan masyarakat berbelanja. Berdasarkan hasil simultan terbukti variabel lokasi, harga, brand, dan variasi produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat berbelanja dengan nilai   F hitung sebesar 27,780 > F tabel 2,53. Dan didapatkan taraf signifikansi 0,000 karena nilai signifikansi (sig) jauh > 0,05 maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi bahwa faktor lokasi, harga, brand dan variasi produk secara bersama-sama berpengaruh positif secara signifikansi terhadap keputusan masyarakat berbelanja.


Kata Kunci


Lokasi; Harga; Brand; Variasi Produk

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). Analisis Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Pemakaian Metode Jit (Studi Kasus UD. Pusaka Bakti). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 4(01).

Ali Fathoni, “Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pemilihan Lokasi Terhadap Tingkat Penjualan Usaha Jasa Mikro Di Kabupaten Lamongan, Jurnal Penelitian Ilmu Manajaman, Vol,1 No. 01, Februari 2016.

Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Dengan Pemakaian Metode Perpektual Terhadap Penggunaan Aplikasi Quickbooks Accounting System (Studi Kasus UD. Rizky assila ULFA). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 3(2).

Arafah, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Syariah Di PT. UNILEVER, TBK. Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 2(2)

Ani Suryani, Encep Hidayat, dkk, “ Bisnis Kue Kering Pilihan Usaha Yang menawarkan Laba Melimpah” (Bogor: Agustus 2006), hlm10.

Bernard T. Widjaja, “Lifestyle Marketing” (Jakarta: 2009), hlm,78

Bilson Simamora, “Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Yang Efektif dan Profitabel”, (Jakarta:2001, PT Gramedia Pustaka Utama), hlm 30

Dani Iskandar, Statistik Ekonomi , (Perdana Publishing, 2016), hal 35-36.

Happy Susanto, “Hak-hak Konsumen Jika Dirugikan”,(Jakarta: Visimedia, 2008),hlm 22

Husein Umar, “Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen, (Jakarta PT GramediaPustaka Utama, 2000), hlm 50 .

Hutagalung, M. A. K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syari’ah. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(2), 228-239

Murtani, A. (2019). Peran UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Yayasan Ibadurrahman Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Kecamatan Mandau. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(1), 52-64.

Juliana, J., & Arafah, S. (2018). THE MULTIMODAL ANALYSIS OF ADVERTISING TAGLINE" TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL” THROUGH SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS APPROACH. Journal MELT (Medium for English Language Teaching), 3(2), 127-137.

Pasi, I. R. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 189-201.

Sembiring, E. A. (2019). PENGARUH METODE PENCATATAN PERSEDIAAN DENGAN SISITEM PERIODIK DAN PERPETUAL BERBASIS SIA TERHADAP STOCK OPNAME PADA PERUSAHAAN DAGANG DI PT JASUM JAYA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69-77.

Siregar, E. A. (2019). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI SUMATERA UTARA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 160-170.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.