Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. BNI Syariah Medan

Monalisa Rahma Dini, Santi Arafah

Sari


Dengan adanya persaingan, mendorong setiap PT. BNI Syariah Medan dalam hal untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya agar nasabah merasa puas dan tidak beralih ke bank lain. Apabila PT. BNI Syariah Medan memiliki kualitas pelayanan dan kualitas produk yang baik maka banyak orang akan mengalami kepuasan menjadi nasabah, sehingga PT. BNI Syariah Medan akan terus mengalami perkembangan. Masing-masing PT. BNI Syariah Medan mempunyai program yang terus diperbarui. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. “Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai masing-masing variabel, baik satu variabel atau lebih sifatnya independen tanpa membuat hubungan maupun perbandingan dengan variabel yang lain. Berdasarkan hasil pengujian parsial pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah memperoleh nilai t.hitung = 0.908 lebih kecil daripada nial t.tabel = 1.661 dengan sig, 0.000 < 0.05 maka hasil tersebut didapat kesimpulan Ha di tolak maka ini menunjukkan Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Berdasarkan hasil pengujian parsial pengaruh Perceived Value terhadap Kepuasan Nasabah diperoleh nilai t.hitung = 14.784 lebih besar daripada nial t.tabel = 1.661 dengan sig, 0.001 < 0.05 dari hasil tersebut didapat kesimpulan bahwa Ha dierima hal ini menunjukkan bahwa Perceived Value mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Terlihat nilai R square menunjukkan angka 0.843. Maka ini  mengindikasikan kontribusi variabel Kualitas Pelayanan dan variabel Perceived Value terhadap Kepuasan Nasabah adalah 84.3%, sedangkan 15.7% ditentukan oleh faktor lain


Kata Kunci


Kualitas Pelayanan; Perceived Value; Kepuasan Nasabah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anshori Ghofur Abdul. 2008. “Penerapan Prinsip Syariah dalam Lembag Keuangan, Lembaga Pembiayaan dan Perusahaan Pembiayaan”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). ANALISIS FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PEMAKAIAN METODE JIT (STUDI KASUS UD. PUSAKA BAKTI). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 4(01).

Arafah, S. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM SYARIAH DI PT. UNILEVER, TBK. Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 2(2).

Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DENGAN PEMAKAIAN METODE PERPEKTUAL TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUICKBOOKS ACCOUNTING SYSTEM (Studi Kasus UD. Rizky assila ULFA). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 3(2).

Ariyanti, D. 2015. “Sistem pendukung keputusan penentuan daerah pertaniantanah hortikultura menggunakan metode Weighted Product”. Teknik Informatika. Universtas Muria Kudus

Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku

Deputi Gubernur Bank Indonesia. 2012. Perkembangan dan Prospek Perbankan Syariah Indonesia: Tantangan Dalam Menyongsong MEA 2015 Publikasi Bank Indonesia

Fandy Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit Andi

Gultom, Robinhot dkk. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Farmasi Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil

Hutagalung, M. (2016). PERSEPSI NASABAH TERHADAP APLIKASI DANA QARDHUL HASAN DI BPRS PUDUARTA INSANI TEMBUNG (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Hutagalung, M. A. K., Fitri, R., & Ritonga, S. R. W. (2019). Generasi Muslim Milenial dan Wirausaha. SINDIMAS, 1(1), 300-304.

Hutagalung, M. A. K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 228-239

Hutagalung, M. A. K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARI’AH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 228-239

Khanzu, Hibba Al. 2015. Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Dan Percieved Value Terhadap Kepuasan Religius Untuk Meningkatkan Minat Menabung Ulang (Studi Pada BNI Syariah Semarang). Universitas Diponegoro

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc

Mudrajad Kuncoro. 2013. Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Edisi 4. Jakarta: Erlangga

Pradja S. Juhada. 2013. Manajemen Perbankan Syariah. Pustaka Setia

Sujarweni, Wiratna. 2012. StatistikaUntuk Penelitian. Yogyakarta: Graha ilmu

Wagner, J. A., & Hollenbeck, J. R. 1995. Management of Organizational Behavior Second Edition. New Jersey: Prentice-Hall

Wibowo, S. 2005. Budi Daya Bawang Putih, Merah dan Bombay. Jakarta: Penebar Swadaya

Widjono, Hs. 2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi (Rev). Jakarta: Grasindo

Murtani, A. (2019). Peran UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Yayasan Ibadurrahman Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Kecamatan Mandau. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(1), 52-64.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.