ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPERCAYAAN NASABAH TERHADAP PRODUK GADAI EMAS
Sari
Gadai emas merupakan produk pembiayaan atas dasar jaminan berupa emas sebagai salah satu alternatif memperoleh uang tunai dengan cepat. Gadai emas adalah layanan pembelian dan menjual emas dengan fasilitas titipan dengan harga terjangkau. Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan dana tunai. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pengaruh pada Proses Cepat terhadap tingkat kepercayaan nasabah dalam menggadai emas di Bank Syariah Mandiri Setia Budi? Untuk mengetahui bagaimana pengaruh pada Biaya Pemeliharaan Murah terhadap tingkat kepercayaan nasabah menggunakan produk gadai emas di Bank Syariah Mandiri Setia Budi? Untuk mengetahui bagaimana pengaruh pada Layanan Nyaman terhadap kepercayaan nasabah dalam menggunakan produk gadai emas di Bank Syariah Mandiri Setia Budi? Populasi dalam penelitian ini dilakukan pada tahun 2019 tepatnya pada bulan Januari sampai Desember dengan banyaknya nasabah sebesar 180 nasabah. Pada Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 65 nasabah yang diambil melalui populasi dengan menggunakan tekhnik hitung sampel. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil uji-t statistik pada Variabel Proses Cepat memiliki nilai t statistik sebesar 2,538 > Ttabel 2,380 yang nilainya lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,380, dengan nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,014 < 0,05 berpengaruh positif pada kepercayaan nasabah terhadap produk gadai emas di Bank Syariah Mandiri Setia Budi. Pada Variabel Biaya Pemeliharaan Murah memiliki nilai t statistik sebesar Thitung 8,370 > Ttabel 2,380 yang nilai t hitungnya lebih besar nilai t tabel sebesar 2,380, dengan nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05 maka dianggap signifikan dan berpengaruh positif pada kepercayaan nasabah terhadap produk gadai emas di Bank Syariah Mandiri Setia Budi. Pada Variabel pada Layanan Nyaman memiliki nilai t statistik sebesar Thitung 7,564 > Ttabel 2,380 dengan nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05 maka dianggap signifikan yang nilai t hitungnya lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,380. Berdasarkan hasil Uji F test memiliki nilai sebesar 48,612 dan signifikan sebesar 0,000 dapat dikatakan bahwa variabel indepen berpengaruh positif pad kepercayaan nasabah terhadap produk gadai emas di Bank Syariah Mandiri Setia Budi. Berdasarkan hasil Uji R dengan hasil adjusted R Square sebesar 0,705 atau sebesar 70,5%, bahwa variabel independen berpengaruh positif terhadap variabel dependen.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
ARAFAH, S., & TANJUNG, Y., 2019. Analisis Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Pemakaian Metode Jit (Studi Kasus Ud. Pusaka Bakti). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 4(01), Universitas Potensi Utama, Medan.
Arafah, S., 2017, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Syariah Di Pt. Unilever, Tbk. Bisei: JurnalBisnisdanEkonomi Islam, 2(2), Universitas Potensi Utama, Medan.
Arafah, S., &Sembiring, E. A., 2018, Analisis Pengaruh Kepuasan Dengan Pemakaian Metode Perpektual Terhadap Penggunaan Aplikasi Quickbooks Accounting System (StudiKasus
Apriani Rani dan Hartanto, 2019, Hukum Perbankan dan Surat Berharga, DeePublish, Yogyakarta.
Dipraja Sholeh, 201, Siapa Bilang Investasi Emas Butuh Modal Gede?, PT Tangga Pustaka, Jakarta.
Feisal Jusuf Amir, 1995, Reorintasi Pendidikan Islam, Gema Insani Perss, Jakarta.
Hikmat Mahi M, 2011, Metode Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Hidayat Taufik, 2011, Buku Pintar Investasi Syariah, Mediakita, Jakarta.
Husein Abdul Rachman, 2009, Seven Motivations of Islamic Business, PT Gramedia, Jakarta.
Islmail, 2011, Perbankan Syariah, Kencana, Jakarta.
Ismail Fajri, 2018, Statistika ( Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-ilmu Sosial), Prenamedia Group, Jakarta.
Kasmir, 2014, Manajemen Perbankan, Rajawali Jakarta.
Mujahidin Ahmad, 2018, Ruang Lingkup dan Praktik Mediasi, : CV Budi Utama, Yogyakarta.
Mardani, 2015, Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah Di Indonesia, KENCANA, Jakarta.
Mujahibidin Akhmad, 2017, Hukum Perbankan, PT RajaGrafindo Persada, Depok.
Murtani, A. (2019). PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. BANK SUMUT SYARIAH CABANG MEDAN. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 177-188.
Murtani, A. (2019). PERAN UPZ (UNIT PENGUMPUL ZAKAT) YAYASAN IBADURRAHMAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN MANDAU. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(1), 52-64.
Murtani, A. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. SINDIMAS, 1(1), 279-283.
Hutagalung, M. A. K., Fitri, R., & Ritonga, S. R. W. (2019). Generasi Muslim Milenial dan Wirausaha. SINDIMAS, 1(1), 300-304.
Hutagalung, M. A. K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARI’AH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 228-239.
Hutagalung, M. A. K. (2019). ANALISA PEMBIAYAAN GADAI EMAS DI PT. BANK SYARI’AH MANDIRI KCP SETIA BUDI. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(1), 116-126.
Masyitah, E. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PPN DAN PPnBM. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 89-104.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241