Analisis Pengaruh Akuntabilitas,Transparansi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Muzakki Membayar Zakat Pada BAZNAS Sumatera Utara

Fitria Bolita, Alim Murtani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Akutabilitas, Transparansi, dan Kualitas Pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap Keputusan Muzakki Membayar Zakat Pada BAZNAS Sumatera Utara. Penelitianinimerupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini berjumlah 65 muzakki. Penentuan sampel digunakan adalah non-probability sampling, yaitu teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dikumpulkandengan metode kuesioner (angket), studi kepustakaan dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukan bahwa: 1) Hasil uji t pada variabel akuntabilitas adalah 2.847, dengan nilai signifikansi 0,006, yang berarti bahwa variabel akuntabilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan muzakki. 2) Hasil uji t pada variabel transparansi adalah 6.670, dengan nilai signifikan 0,000 yang berarti bahwa transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan muzakki. 3) hasil uji t pada variabel kualitas pelayanan adalah 8.686dengan nilai signifikan 0,000 yang berarti bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan muzakki. 4) Uji koefisien determinasi (R2) untuk variabel X1, X2, dan X3 adalah sebesar 0,700 yang berarti bahwa keputusan muzakki dapat dipengaruhi oleh variabel akuntabilitas, transparansi dan kualitas pelayanan sebesar 70,0 % sedangkan sisanya sebesar 30% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Kata Kunci


Akuntabilitas; Transparansi; Kualitas Pelayanan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Satrio, E., & Siswantoro, D. (2016). Analisis faktor pendapatan, kepercayaan dan religiusitas dalam mempengaruhi minat muzakki untuk membayar zakat penghasilan melalui lembaga amil zakat.Simposium Nasional Akuntansi XIX, 1(4), 308-315.

Triyawan, A. (2017) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi muzakki membayar zakat di BAZNAS Yogyakarta. Islamic Economics Journal, 2(1).

Hafidhuddin, D. (2002). Zakat dalam perekonomian modern. Gema Insani.

Ibrahim, P. (2018). Pembangunan ekonomi melalui agihan zakat: Tinjau empirical. Jurnal Syariah, 16(2), 1-23.

Sartika, M. (2008). Pengaruh pendayagunaan zakat produktif terhadap pemberdayaan mustahiq pada LAZ Yayasan Solo Peduli Surakarta. Jurnal Fakultas Hukum UII, 2(1), 75-89.

Pratama, Y. C. (2015). Peran zakat dalam penanggulangan kemiskinan (Studi kasus: Program zakat produktif pada Badan Amil Zakat Nasional). Tauhidinomics, 1(1),93-104.

Wulansari, S. D., & Setiawan, A. H. (2013). Analisis Peran Dana Zakat Produktif terhadap Perkembangan Usaha Mikro Mustahik (Penerima Zakat)(studi Kasus Rumah Zakat Kota Semarang) (doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Hutagalung, M. A. K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syari’ah. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(2), 228-239.

Arafah, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Syariah di PT.Unilever, TBK. Bisei: Jurnal Bisnis dan ekonomi Islam, 2(2).

Murtani, A. (2019). Peran UPZ (Unit Pengumpul zakat) Ibadurrahman Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Kecamatan Mandau. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(1), 52-64


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.