PENGARUH IKLAN INTERNET DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP MINAT PEMBELIAN SMARTPHONE IPHONE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS POTENSI UTAMA

Taufiq Risal, Andi Yudha Erlangga, Nadila Sawita

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan internet dan kelompok referensi terhadap minat beli smartphone iPhone pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera. Penelitian ini adalah penelitian eksplanasi assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Potensi Utama, dengan jumlah sampel sebanyak 93 responden yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data primer menggunakan kuisioner dan pengunpulan data sekunder menggunakan studi pustaka. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik dengan nilai signifikansi α = 5% (0,05). Secara parsial, variabel iklan internet berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat beli smartphone iPhone, kelompok referensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli smartphone iPhone. Dilihat dari Nilai R Square sebesar 0,133 berarti 13,3% faktor-faktor minat beli smartphone iPhone dapat dijelaskan oleh iklan internet dan kelompok referensi, sedangkan sisanya 86,7 % dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Kata Kunci


iklan internet; kelompok referensi; minat beli;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Durianto, Sugiarto, Widjaja dan Supraktino (2003), Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Evans, Dave (2008), Social Media Marketing An Hour A Day, Wiley Publishing, Inc, Canada

Eka Wenats AG, dkk (2012), Integrated Marketing Communication, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ghozali, Imam (2005), Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Jaiz, Muhammad (2014), Dasar- Dasar Periklanan, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong (2008), Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Kedua Belas.Jilid 2. Erlangga, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajat (2009), Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, Erlangga, Jakarta.

Laksana, Fajar.(2008), Manajemen Pemasaran, Graha Ilmu,Yogyakarta.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani (2008), Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu (2009), Perilaku Konsumen, Refika Aditama, Bandung.

Morrisan (2010), Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Edisi Pertama, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Moriatary, Sandra, Nancy Mitchell, dan William Wells (2011), Advertising, Kencana, Jakarta

Rangkuti, Freddy (2009), Mengukur Efektifitas Program Promosi & Analisis Kasus Menggunakan SPSS, PT Gramedia Pustaka, Jakarta.

Supranto, J dan Nandan, Limakrisna (2007), Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran: Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis, Mitra Wacana Media, Jakarta

Suhadang, Kustadi (2010), Periklanan Manajemen:Kiat dan Strategi, Nuansa, Bandung.

Setiadi, Nugroho J (2011), Perilaku Konsumen :Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen, Kencana. Jakarta.

Sumarwan, Ujang (2011), Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor.

Sugiyono (2012), Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono (2013), Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Supramono (2003), Desain Proposal Penelitian: Studi Pemasaran, Penerbit Andi, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/accumulated.3.1.2021.42-52

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition Journal).

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241