ANALISA PEMBIAYAAN GADAI EMAS DI PT. BANK SYARI’AH MANDIRI KCP SETIA BUDI

Muhammad Abrar Kasmin Hutagalung

Sari


Bank  Syari’ah Mandiri KCP Setia Budi menawarkan berbagai pembiayaan  dalam rangka mempercepat asset, meningkatkan pendapatan dan menambah variasi produk, Bank Syari’ah Mandiri KCP Setia Budi membuka salah satu produk yaitu gadai emas. Produk gadai merupakan termasuk dalam kategori high yield assets  dengan potensi pasar yang masih besar. Produk gadai juga dijamin dengan barang jaminan yang relative likuid dan aman seperti emas. Dimana produk gadai adalah menyerahkan barang/ harta dari nasabah kepada pihak Bank untuk dijadikan jaminan atas pinjaman yang diterimanya. Gadai Emas Bank Syariah Mandiri adalah produk Bank Syariah Mandiri yang menyediakan fasilitas pembiayaan ini melalui prinsip qardh dengan agunan berupa emas. Bank mengenakan biaya sewa atas prinsip ijarah. Penelitian yang dilaksanakan bersumberkan oleh data primer dan data sekunder. Data primer yaitu Data yang didapat melalui wawancara secara langsung. Data Sekunder merupakan data yang didapat atau dikumpulkan oleh orang yang melakukan penelitian dari sumber-sumber yang ada. Untuk teknik pengumpilan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menyatakan bahwa aplikasi gadai emas di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Setia Budi  ada yang sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia No. 26/DSN-MUI/III/2002 tentang rahn emas dan juga turut mengacu kepada fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia No. 25/DSN-MUI/III/2002 tentang rahn  secara keseluruhan sesuai dengan prateknya, meskipun masih terdapat kekerungan- kekurangan tertentu seperti mekanisme pelelangan yang tidak diterapkan tersebut. Dapat disimpulkan bahwa Bank Syariah Mandiri KCP Setia Budi dalam melakukan aplikasi pembiayaan gadai emas telah sesuai dengan ketentuan hukum Islam. bahwasanya sudah menerapkan apa yang diperjelaskan di dalam fatwa DSN-MUI tahun 2002 No. 25 (tentang Rahn) No. 26 (tentang Rahn emas) adapun prosedur yang ditetepkan oleh PT. Bank Syariah Mandiri KCP Setia Budi. Dalam pembiayaan gadai emas memiliki tahapan sebagai berikut yaitu: tahapan pengajuan permohonan, tahap analisa/ penaksiran permohonan gadai, limit pembiayaan, pencairan, dokumentasi, pelunasan, penyimpan barang gadai, proses/ wewenang pemutusan pembiayaan gadai. Dan PT. Bank Syariah Mandiri KCP Setia Budi  hanya mengambil untung dari sewa barang gadai emas.

Kata Kunci


Pembiayaan; Gadai; Emas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul ghofur anshori,gadai syariah di indonesia ,konsep,implementasi dan institusionalisasi, (yogyakarta: gadjah mada university press, 2005)

Adiwarman karim, Bank Islam, Analisa Fiqh Dan Keuangan, (jakarta: raja Grafindo Persada, 2008)

Andri soemitra, Bank Lembaga Keuangan Syariah, Ed.1, (Jakarta: kencana, 2009)

Buku Pedoman Penelitian Proposal Dan Skripsi STIE Syariah Bengkalis, 2017.

Heri sudarsono, bank dan lembaga keuangan syariah, Edisi 1, Ekonisia, Yogyakarta.

Firdaus, konsep dan implementasi Bank Syariah, Renaisan, Jakarta, 2005

Himpinanan Undang-undang dan peraturan pemerintah, tentang ekonomi syariah dilengkapi 44 fatwa dewan syariah nasional, tentang produk perbankan syariah, (Yogyakarta: Pustaka Zeedny, 2009)

Husein umar, Metode Penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005)

http://hizbut-tahir.or.id/2011/10/07/hukum gadai-emas

http:/www.scribd.com/doc/70801801/mengembalikan-rahn-emas-sebagai produk-tabarru.

Muhammad, Manajemen Dana Bank Syariah, Edisi 1, Cetakan II, Ekonisia, Yogyakarta

Muhammad, Manajemen Bank Syariah ,UPP AMPYKN, (yogyakarta: 2002)

Muhammad Muslehuddin, Sistem Perbankan Dalam Islam, Cetakan Ketiga, (Jakarta, Rineka Cipta, 2004)

Mujahidinimeis.wordpress.com/2011/01/18/ pegadaian syariah

Muhammad syafi’I Antonio, Islamic banking, bank syariah, dari teori ke praktek, (Jakarta: Gema Insani, 2001)

Tim Pengembangan Perbankan Syariah Institut Bankir Indonesia, konsep, produk dan implementasi operasional bank syariah, (Jakarta: Djambatan, 2001)

Sasri Rais, Pegadaian Syariah:konsep dan sistem operasional(suatu kajian kontemporer) (Jakarta:UI- Press, 2005)

Sigit Triandaru, Bank Dan Lembaga Keuangan Lain, Jakarta: Edisi 2 Salemba Empat, 2006.

Sofiniyah Ghufron, Briefcase Book Edukasi Profesional Syariah, Mengatasi Masalah Dengan Pegadaian Syariah, (Jakarta: Renasian, 2005)

Sunarto Zulkifli, Panduan Praktis Transaksi Perbankan Syariah, Jakarta, 2003

Syfa-alqulub.blogspot.com2017/04/hukum gadai-dalam al quran dan hadist

Wahbah Az – Zuhaili, Fiqih Islam Wa Adillatuhu 6, Cet. 1. Jakarta: Gema Insani, 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/al-qasd.1.1.2016.116-126

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Jurnal Al-Qasd: Islamic Economic Alternative. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241