PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARI’AH

Muhammad Abrar Kasmin Hutagalung

Sari


Perkembangan yang pesat dalam dunia perbankan saat ini ditandai dengan banyaknya bank-bank  syari’ah yang bermunculan.Perbankan syari’ah diciptakan untuk memberikan produk-produk unggul sesuai dengan syariat Islam. Namun meskipun produk-produk tersebut unggul secara syari’ah, masih banyak orang yang meragukan keprofesionalan pelayanannya. Unggul di dalam produk masih belum mencukupi untuk mempertahankan pelanggan.Persepsi tentang sistem bagi hasil adalah persepsi masyarakat bahwa sistem bagi hasil ini lebih sesuai dengan prinsip-prinsip syari’ah, lebih menguntungkan dan telah memenuhi rasa keadilan bagi semua pihak.Pendekatan  dalam penelitian ini  adalah  pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di sekitar wilayah kerja  Bank Syariah Mandiri KCP Medan Simpang Limun  sebanyak 242 kepala keluarga dan sampel diperoleh 97 responden. Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh : 1) ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat menjadi nasabah bank syari’ah (0,000); 2) Ada pengaruh bagi hasil terhadap minat menjadi nasabah bank syari’ah (p=0,016); 3) Ada pengaruh kualitas pelayanan dan bagi hasil terhadap minat menjadi nasabah bank syari’ah (p=0,000).

Kata Kunci


Kualitas Pelayanan; Bagi Hasil; Minat Masyarakat; Nasabah Bank Syariah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antonio, Syafi’i, Bank Syari’ah: Dari Teori ke Praktik (Jakarta: Gema Insani Press, 2001), hlm. 224-225

Arikunto, Suharsimi, (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,Jakarta : PT. Rineka Cipta

Azwar, Industri Perbankan Syariah Menghadapi Masyarakat Ekonomi

Asean (MEA) 2015, (2015) : Peluang dan Tantangan Kontemporer, BDK Makassar, Diakses pada 15 Januari 2017 dari : http://www.bppk.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel/150-artikel-keuangan-umum/20434-industri-perbankan-syariah-menghadapi-masyarakat-ekonomi-asean-mea-2015-peluang-dan-tantangan-kontemporer

Haron,Sudin; Ahmed, Norafifah & Planisek, Sandra L., (1997) “Bank patronage factors of Muslim and non Muslim customers”,International Journal of Bank Marketing, Marketing ISSN: 0265-2323. Vol. 12, No.1,(1994), pp 32-40, Diakses pada 14 -01-2017 dari : http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi= 10.1.1.533.8736& rep= rep1&type=pdf

Karim, Adiwarman A., (2006)Bank Islam, Analisis Fiqih dan Keuangan,(Jakarta : Raja Grafindo Persada

Kotler, Philip& Amstrong, Garry, (2008),Prinsip -prinsip Pemasaran, Jakarta : Erlangga.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (2007), Jakarta : Tim Pustaka Phoenix,

Muhamad, (2004), Teknik Perhitungan Bagi Hasil dan Profit Margin pada Bank Syari’ah, Yogyakarta: UII Press.

Rahmawaty, Anita, (2014), Pengaruh Persepsi Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Di BNI Syariah Semarang, (Jurnal ADDIN, Vol. 8, No. 1, Februari 2014) h. 3. Diakses 14 Januari 2017 dari http://www.journal.stainkudus.ac.id/index.php/Addin/article/download/587/600

Septin Puji Astuti, Wiwik Wilasari & Datien Eriska Utami, (2009), Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Bank Syariah, Jurnal Manajemen Bisnis Vol. 2 No.1 April –Juli 2009 (47-58).

Sjahdeini, Sutan Remy, (1999), Perbankan Islam, Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.

Sugiyono, (2012), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta

Tjiptono, Fandy, (2011),Pemasaran Jasa, Malang : Bayumedia

Tara,Nain; Irshad, Madiha;Khan, Muhammad Rizwan;Yamin, (2014),MahwishFactors Influencing Adoption of Islamic Banking: A Study from Pakistan, Journal of Public Administration and Governance, ISSN 2161-7104, 2014, Vol. 4, No. 3 Diakses pada 12 Januari 2017 dari: http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.971.2867&rep=rep1&type=pdf

Singarimbun,Masri (1995), Metode Penelititan Survei, Jakarta : LP3S.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/al-qasd.1.2.2017.228-239

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Jurnal Al-Qasd: Islamic Economic Alternative. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241