PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH

Ida Royani Pasi

Sari


Islam telah mengatur segenap perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yaitu tidak menyimpang dari ajaran agama Islam. Reaksi yang berbeda akan menggambarkan perilaku yang berbeda yaitu konsumen yang berbeda maka akan memberikan reaksi yang berbeda pula dalam hal perasaan terhadap informasi yang sama, sikap biasanya memainkan peranan utama dalam membentuk perilaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap perilaku masyarakat pada bank syariah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di Kelurahan Beringin Kecamatan Medan Selayang. Populasi dalam penelitian adalah kepala keluarga di Kelurahan Beringin Kecamatan Medan Selayang  yang berjumlah 297 kepala keluarga dan sampel sebanyak 59 responden. Hasil penelitian diperoleh 1) ada pengaruh pengetahuan terhadap perilaku masyarakat pada bank syariah (p = 0,001); 2) ada pengaruh sikap terhadap perilaku masyarakat pada bank syariah (p =0,000); 3) ada pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap perilaku masyarakat pada bank syariah (p=0,000). Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan pengetahuan dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Pengetahuan diperoleh dari informasi yang diterima sepanjang hidupnya. Sikap memberikan gambaran terhadap tindakan yang akan dilakukan sehingga dengan demikian sikap dapat mempengaruhi perilaku seseorang di dalam kehidupannya. Pengetahuan tentang bank syariah yang diterima masyarakat tidak dapat terwujud apabila tidak memiliki sikap yang baik sehingga dapat diwujudkan ke dalam tindakan yaitu menjadi nasabah bank syariah yang merupakan wujud perilaku. Dengan kata lain bahwa pengetahuan, sikap dan tindakan merupakan satu kesatuan perilaku.

Kata Kunci


Pengetahuan; Sikap; Perilaku Masyarakat; Bank Syariah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Engel, James, F, Roger D. Blackwell & Paul W. Miniard, Perilaku Konsumen, Jakarta: Penerbit Binarupa Aksara, 1994.

Harun, Tengku Wasimah Raja; Rashid, Rosemaliza Ab & Hamed, Abu Bakar, Factors Influencing Products’ Knowledge of Islamic Banking Employe. Journal of Islamic Studies and Culture. June 2015, Vol. 3, No. 1, pp. 23-33. SSN: 2333-5904. Published by American Research Institute for Policy Development. Diakses pada 9 Januari 2017 dari : http://jiscnet.com/journals/jisc/ Vol_3_No_1_June_2015/4.pdf

Jaffar, Mariatul Aida & Musa, Rosidah, Determinats Of Attitude To Wards Islamic Financing Among Halal-Certified Micro And SMEs : A Proposed Conceptual Framework. Universiti Teknologi MARA, Selangor Darul Ehsan, Malaysia, International Journal of Education and Research. Vol. 1 No. 8 August 2013. Diakses pada 11 Januari 2017 dari http://www.ijern.com/journal/August-2013/27.pdf

James, F Angel, Perilaku Konsumen, Jakarta : Binarupa Aksara, 1994.

Lubis, Irsyad, Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Medan : USU Press, 2010.

Mayanti, Sri, Potensi Preferensi dan Perilaku Masyarakat terhadap Bank Syari'ah. Diakses pada tanggal 11 Januari 2017, dari : http://kuliahnyata.blogspot.co.id/2013/12/penelitian-bank-syariah-potensi.html

Mehboob ul Hassan. People’s Perceptions towards the Islamic Banking A Fieldwork Study on Bank Account Holder’s Behaviour in Pakistan, School of Economics, Nagoya City University Japan 467-8501 Japan (Jurnal Oikonomika Vol. 43 (3.4), 2007), pp. 153-176, Diakses pada 11 Januari 2017 dari : https://ncu.repo.nii.ac.jp/?action=pages_view_main&active_action=repository_ view_main_item_detail&item_id=684&item_no=1&page_id=13&block_id=17

Mudjarat, Kuncoro, Metode Riset Bisnis dan Ekonomi, Jakarta : Erlangga, 2003.

Rivai, Harif Amali dkk. Identifikasi Faktor Penentu Keputusan Masyarakat dalam Memilih Jasa Perbankan: Bank Syariah vs Bank Konvensional. Kerjasama antara Bank Indonesia dan Center for Banking Research (CBR)- Andalas University. Jurnal. Diakses pada 11 Januari 2017 dari : http://www.bi.go.id/id/publikasi/perbankan-dan-stabilitas/arsitektur/Documents/be97b7ef9 57a461a90ec56f3a78022b3IdentifikasiFaktor Penentu Keputusan Konsumen DalamMem.pdf

Siregar, Syofian, Statistik deskriptif untuk penelitian, Jakarta: Rajawali Pers, 2002.

Sarjono, Haryadi dan Julianita, Winda, SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset, Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta, 2010.

Sudarsono, Heri, Konsep Ekonomi Islam Suatu Pengantar, Yogyakarta : EKONISIA, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/al-qasd.1.2.2017.189-201

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Jurnal Al-Qasd: Islamic Economic Alternative. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241