PERSEPSI NASABAH TERHADAP APLIKASI DANA QARDHUL HASAN DI BPRS PUDUARTA INSANI TEMBUNG

Muhammad Abrar Kasmin Hutagalung

Sari


Salah satu bank penyedia fasilitas pembiayaan qardhul hasan adalah BPRS Puduarta Insani. BPRS ini tepatnya berada di Jalan Pekan Raya No. 13 A Tembung. Pemilihan BPRS Puduarta Insani sebagai objek penelitian dengan pertimbangan BPRS ini merupakan salah satu lembaga keuangan bank yang diharapkan akan mampu menjangkau lapisan masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah yang dalam operasinya juga melakukan pembiayaan pada sektor usaha kecil dengan harapan para pengusaha kecil mampu mengembangkan usahanya melalui pembiayaan Qardhul Hasan yang telah disalurkan. Adapun jumlah nasabah pembiayaan qardhul hasan sebanyak 30 orang dengan sosialisasi jumlah dana sebesar Rp.184.597.000,-.Dari penelitian melalui hasil angket dan kuesioner yang disebar, hasil Uji validitas terhadap 4 item (karakteristik qardhul hasan, service, akuntabilitas, dan users) dari 28 pertanyaan persepsi nasabah terhadap aplikasi dana qardhul hasan di BPRS Puduarta Insani Tembung dinyatakan valid, karena r hitung (minimum 0,44 dan maksimum 0,614) > r tabel (0,361) untuk karakteristik qardhul hasan. Untuk service diperoleh r hitung (minimum 0,513 dan maksimum 0,684) > r tabel (0,361). Untuk akuntabilitas diperoleh r hitung (minimum 0,556 dan maksimum 0,815) > r tabel (0,361). Sedangkan untuk users diperoleh r hitung (minimum 0,480 dan maksimum 0,753) > r tabel (0,361). Adapun nilai reliabilitas karakteristik qardhul hasan 0,804, Untuk service diperoleh 0,681, Untuk akuntabilitas diperoleh 0,681, Sedangkan untuk users diperoleh 0,683. Nilai reliabilitas instrumen tersebut menunjukkan tingkat reliabilitas instrumen penelitian sudah memadai karena sudah mendekati 1 (> 0,60). Sedangkan nilai rata-rata hitung (mean) untuk karakteristik qardhul hasan diperoleh adalah 124, 857 maka mean sebesar 4,162 termasuk kategori interval “Tinggi”. Dengan demikian persepsi nasabah terhadap karakteristik qardhul hasan sangat baik. Untuk service diperoleh adalah 124,2 maka mean sebesar 4,13 termasuk kategori interval “Tinggi”. Dengan demikian persepsi nasabah terhadap pelayanan yang diberikan BPRS Puduarta Insani Tembung  kepada pelanggan sudah sangat baik. Untuk akuntabilitas diperoleh adalah 125,4 maka mean sebesar 4,17 termasuk kategori interval “Tinggi”. Dengan demikian persepsi nasabah terhadap akuntabilitas sangat baik. Sedangkan untuk users diperoleh adalah 126, 33 maka mean sebesar 4, 2 termasuk kategori interval “Tinggi”. Dengan demikian persepsi nasabah terhadap users sangat baik. Dari semua pernyataan dan penghitungan yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa persepsi nasabah terhadap aplikasi dana qardhul hasan di BPRS Puduarta Insani Tembung adalah sangat baik.

Kata Kunci


Persepsi; nasabah; Qardhul Hasan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiwarman Karim, Ir., SE, MBA, MAEP, Bank Islam, (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2004).

Kadim Sadr, Money And Monetary Policies In Early Islam, Dalam Abbas Mirakhor Dan Baqir Al-Hasani, Essay On Iqtisad : An Islamic Approach To Economic Problems, (Silver Spring : Nur Copr., 1989).

Karnaen Perwataatmadja, Drs. H. MPA, H. Muhammad Syafi’i Antonio, M.Ec, Apa Dan Bagaimana Bank Islam, (Yogyakarta:Dana Bhakti Wakaf, 1992).

Karl E. Case & Ray C. Fair, Prinsiple of Macroeconomics, (New Jersey: Prentice Hall 1990).

Kasmir, SE,MM, Manajemen Perbankan, (Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada, 2003, Edisi I)

Kasmir, SE,MM, Bank & Lembaga Keuangan Lainnya, (Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada, , 2005, Edisi Keenam)

Lembaga Pendidikan & Pengembangan Bank Syariah, Program Belajar Sendiri Perbankan Syariah, (Program Belajar Sendiri – Bank Muamalat Indonesia, 2000)

Mahmud Abu Saud, Garis-garis Besar Ekonomi Islam, terj. Achmad Rais, (Jakarta : Gema Insani Press 1996).

Muhammad Abdul Mannan, Teori dan Praktek Ekonomi Islam, (Yogyakarta: PT Dana Bhakti Wakaf, 1997).

Sudi Haron, Prinsip Dan Operasi Perbankan Islam, (Kuala Lumpur : Berita Publishing Sdn Bhd, 1996).

Tim Asistensi Pengembangan LKS Bank Muamalat, Perbankan Syariah Perspektif Praktisi, (Jakarta: Muamalat Institut 1999).

Warkum Sumitro, SH, MH, Asas-asas Perbankan Islam dan Lembaga-Lembaga Terkait, (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 1997).

Zainul Arifin, Memahami Bank Syariah ; Lingkup, Peluang, Tantangan Dan Prospek, (Jakarta: ALVABET, 2000).




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/al-qasd.1.1.2016.87-105

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Jurnal Al-Qasd: Islamic Economic Alternative. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241