FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PREFERENSI MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH DI KOTA MEDAN

Raja Sakti Putra Harahap

Sari


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah faktor pelayanan, produk dan religi berpengaruh terhadap preferensi masyarakat pada Bank Syariah di Kota Medan. Tujuan penelitian adalah untuk menguji secara empiris pengaruh faktor pelayanan,  produk dan religi terhadap preferensi masyarakat pada Bank Syariah di Kota Medan, sedangkan hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara pelayanan, produk dan religi  terhadap preferensi masyarakat pada Bank Syariah kota Medan (Ha). Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi multiple. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 90 orang yang ditetapkan dari 1021 populasi dengan penetapan berdasarkan teori Solvin. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis regresi diperoleh bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel pelayanan dan produk terhadap preferensi masyarakat, sedangkan variabel religi tidak berpengaruh positif terhadap preferensi masyarakat pada Bank Syariah di Kota Medan, dikarnakan masyarakat saat ini lebih mengutamakan nilai ekonomis dibanding kepada nilai ketaatan dalam beragama, dengan kata lain masyarakat lebih mengutamakan economic rationale dalam keputusan memilih bank syariah.  Secara simultan semua faktor variabel yakni pelayananl, produk dan religi berpegaruh signifikan terhadap preferensi masyarakat pada Bank Syariah di Kota Medan. Pelayanan merupakan faktor yang sangat dominan dari faktor lainnya terhadap preferensi masyarakat di Bank Syariah Kota Medan. Besar pengaruh pelayanan, produk dan religi terhadap preferensi masyarakat pada Bank Syariah di Kota Medan adalah 97,4% sedangkan 2,6% lagi dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian  ini misalnya Akses, Ongkos, pendapatan dan lain-lain.

Kata Kunci


Preferensi, Bank Syariah, Kota Medan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Allah, Wasilatul Preferensi Nasabah Terhadap Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah (Studi Pada Bank BTN Syariah Cabang Bogor), Tesis , Jakarat: UIN SyarifHidayatullah, 2010. Hal. 86

Anas Iswanto dkk, Perilaku Dan Preferensi Masyarakat Sulawesi Selatan Terhadap Bank Perkreditan Rakyat (BPR), Jurnal (www.google.com) diakses (2 April 2014), hal. 17.

Arfan Ikhsan dan Imam Ghozali, Metodologi Penelitian: Untuk Akuntansi dan Manajemen, (Medan: Maju, 2006), hal. 83.

Imam Hilman dkk, Perbankan Syariah Masa Depan (Jakarta: Senayan Abadi Publishing, 2003), hal. 3-4.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran, Terj. Hendra Teguh, Benyamin MolandanRony A. Rusli.Jilid 2. Jakarta: Index Kelompok Gramedia, 2004.

Kuncoro Mudjarat, Metode Riset Bisnis dan Ekonomi,( Jakarta : Erlangga. 2003) hal. 124

Majelis Ulama Indonesia, Keputusan Fatwa MUI No. 1 Tentang Bunga, Jakarta : MUI, 2004Muhammad Ilyas,Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Pembiayaan Usaha Kecil Pada PT. BPRS Manah Insan Cita Medan, Tesis (Medan: PPs IAIN-SU, 2013) hal. 98.

M. Ridwan dkk, Ekonomi: Pengantar Mikro dan Makro Islam (Medan: Cipta Pustaka Media, 2013) hal. 16.

Qardhawi, Yusuf ,Bunga Bank Haram, Jakarta: Media Eka Sarana, 2002. ), hal. 133 dan Majelis Ulama Indonesia, Keputusan Fatwa MUI No. 1 Tentang Bunga (Jakarta : MUI, 2004), sebagaimana dikutip Pengharaman riba dapat dilihat di dalam al-Qur’an Q.S. ar-Rum : 39, Q.S. an-Nisa’ : 161, Q.S. Ali Imran : 130 dan Q.S. al-Baqarah : 275-281. M. Syafii Antonio. Bank Syariah, hal. 37-50.

Rivai, Veithzal dan Ariyan Arifin, Islamic Banking :Sistem Bank Islam Bukan Hanya Solusi Menghadap Krisis Namun Solusi dalam Menghadapi Berbagai Persoalan Perbankan dan Ekonomi Global. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Syahbudi, Muhammad, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Ekonomi Etnis Tionghoa: Studi Terhadap Keputusan Etnis Tionghoa Menjadi nasabah di PT. Bank Sumut Syariah Cabang Medan, Tesis, Medan, Unimed, 2013

Sugiono, Metode Penelitian, Bandung : Alfabeta, 2003

Sudjana, Metode statistika, (Bandung, Raesito, 2003) hal.352

Suip, Muhammad, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Megajukan Pembiayaan Pada PT. BPRS Rahma Hijrah Agung Lhokseumawe, Tesis, Medan, 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/al-qasd.1.1.2016.1-20

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Jurnal Al-Qasd: Islamic Economic Alternative. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241