FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH TERHADAP PELAYANAN CUSTOMER SERVICE (STUDI KASUS PT. BANK SUMUT SYARIAH KCPSy KARYA)

Rini Dwi Anjani, Alim Murtani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh Reability, Responsive dan Assurance terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Sumut KCPsy Karya. Populasi da lampenelitian ini berjumlah 40 Responden, pemilihan sampel menggunakan teknik Sampling Incidential. Metode pengumpulan data menggunakan Observasi dan Angket. Sedangkan metode pengujian data menggunakan pendekatan kuantitatif, dan analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana. Hasil Uji koefisien korelasi diperoleh nilai rxy sebesar 0,360 berarti Pelayanan Customer Service tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Sumut KCP sy Karya. Dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pelayanan Customer Service terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Sumut KCPsy Karya menggunakan uji determinasi (R2). Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y = 11,673 + 0,104 Reability + 0,212 Responsive + 0,115 Assurance, dimana Pelayanan Customer Service tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan Reability, Responsive dan Assurance tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Sumut KCP sy Karya . Secara parsial Reability, Responsive dan Assurance tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Sumut KCP sy Karya.


Kata Kunci


Pelayanan Customer Service; Kepuasan Nasabah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sondakh, C. (2015). Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3(1).

Sondakh, C. (2015). Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3(1).

Cahyani, P. D. (2016). Tingkat kepuasan nasabah terhadap kualitas layanan perbankan syariah di Yogyakarta. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 6(2), 151-162.

Fernandes, Y. D., & Marlius, D. (2018). Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Nasabah Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Utama Padang.

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265-289.

Wijayanto, K. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah bank. Jurnal Manajemen Dayasaing, 17(1), 38-45.

Amijaya, G. R., & Rahardjo, S. T. (2010). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Nasabah Bank Bca) (Doctoral dissertation, Perpustakaan FE UNDIP).

Hutagalung, M. A. K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syari’ah. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(2), 228-239.

Murtani, A. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. Sindimas, 1(1), 279-283.

Murtani, A. (2019). Pengaruh Pengembangan Karyawan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di PT. Bank Sumut Syariah Cabang Medan. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(2), 177-188.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/al-qasd.2.1.2020.81-91

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Jurnal Al-Qasd: Islamic Economic Alternative. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241