ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JAMAAH UMROH PT. IKHWANUL IKHLAS WISATA

Andika Prianto, M. Abrar Kasmin Hutagalung

Sari


Penelitian ini merupakan kajian ilmiah yang membahas tentang Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jamaah Umroh PT. Ikhwanul Ikhlas Wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Ikhwanul Ikhlas Wisata dalam meningkatkan jamaahnya, hasil penelitian ini mengatakan bahwa PT. Ikhwanul Ikhlas Wisata menggunakan media website dan aplikasi dalam melakukan strategi pemasaran dan terbukti efektif dengan adanya peningkatan jamaah secara online dari tahun ke tahun sebesar 30%. PT. Ikhwanul Ikhlas Wisata juga menggunakan marketing mix (7) p untuk meningkatkan jumlah jamaah umroh : 1) Strategi produk PT Ikhwanul Ikhlas Wisata mempunyai beberapa produk umroh untuk konsumennya, 2) Strategi Harga, strategi harga yang diterapkan oleh PT. Ikhwanul Ikhlas Wisata yaitu, setoran DP di awal yang murah, 3) Tempat (place), letak kantor perusahaan sudah strategis, karena terletak dipertengahan kota, 4) Promosi , promosi yang digunakan yaitu dengan spanduk, brosur dan spesialisasinya sedekah jum’at. 5) People, PT. Ikhwanul Ikhlas Wisata merekrut para Ustadz untuk di ajak bekerjasama dengan perusahaan. 6) Procces, Para pegawai beserta para agen diberikan BIMTEK tentang profil perusahaan, 7) Sarana Fisik (Physical Evidence), PT. Ikhwanul Ikhlas Wisata menyediakan aula khusus untuk berinteraksinya agen dengan calon konsumen, selain itu, pihak perusahaan juga menyediakan lahan parkir yang luas.


Kata Kunci


Strategi pemasaran; Jamaah Umroh Meningkat; PT. Ikhwanul Ikhlas Wisata

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, N. H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.

Nur Rianto Al Arif, M. (2014). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Cetakan Ke-2, Bandung, ALFABETA.

Alma, B. (2007). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: alfabeta.

Fathoni, A. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta)

Hutagalung, M. (2016). Persepsi Nasabah Terhadap Aplikasi Dana Qardhul Hasan Di Bprs Puduarta Insani Tembung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Hutagalung, M. A. K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syari’ah. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(2), 228-239.

Hutagalung, M. A. K. (2019). ANALISA PEMBIAYAAN GADAI EMAS DI PT. BANK SYARI’AH MANDIRI KCP SETIA BUDI. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(1), 116-126.

Hutagalung, M. A. K., Fitri, R., & Ritonga, S. R. W. (2019). Generasi Muslim Milenial dan Wirausaha. SINDIMAS, 1(1), 300-304.

Sugiyono, S. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. ALFABETA Bandung

Prastowo, A. (2011). Memahami metode-metode penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/al-qasd.2.1.2020.71-80

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Jurnal Al-Qasd: Islamic Economic Alternative. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241