MANAJEMEN PENGELOLAAN ZAKAT FITRAH (STUDI KASUS PADA MASJID AL-IKHLAS KAWAT V TANJUNG MULIA HILIR MEDAN)

Siska Devi, Muhammad Ridwan

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Manajemen Pengelolaan Zakat Fitrah di Masjid Al-Ikhlas Kawat V Tanjung Mulia Hilir Medan dan Kendala dan Hambatan Pengelolaan Zakat Fitrah di Masjid Al-Ikhlas Kawat V Tanjung Mulia Hilir Medan. Penelitian ini memakai metode jenis penelitian kualitatif yang bersifat lapangan, penelitian lapangan adalah untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi responden. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pengelolaan zakat fitrah di masjid Al-Ikhlas Kawat V Tanjung Mulia Hilir Medan sudah berjalan sesuai dengan apa yang mereka musyawarahkan dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, akan tetapi dalam hal perencanaan perlunya sosialisasi yang lebih signifikan dari pihak BKM dan Amil zakat mengenai kepemahaman masyarakat terhadap pembayaran zakat fitrah di masjid melalui mimbar atau penceramah-penceramah dan diperlukannya survei berluang-ulang secara langsung antar anggota Amil Zakat (Tim Survei) dan Kepala Lingkungan setempat agar dapat menentukan mustahik yang berhak menerima zakat. Kendala pengelolaan zakat fitrah di masjid Al-Ikhlas ialah masih banyaknya pemahaman beberapa masyarakat bahwa pembayaran zakat fitrah dapat dilakukan secara mandiri dan cuaca yang tidak mendukung pada saat pendistribusian zakat. Adapun hambatan pengelolaan zakat fitrah di masjid Al-Ikhlas ialah masih banyaknya muzakki yang mengulur waktu pembayaran zakatnya dan menyebabkan para amil zakat terlambat dalam mendistribusikan zakat tersebut kepada orang yang berhak menerimanya sehingga memakan waktu hingga larut malam.


Kata Kunci


Manajemen; Perencanaan; Pengorganisasian; Pelaksanaan; Pengawasan; Zakat Fitrah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Departemen, Agama RI (2018). Al-Qur’an Tajwid & Terjemahnya. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Undang-Undang RI No. 23 Tahun 2011.

Yuliharti & Umiarso. (2019). Manajemen Profektif Kontruksi teoretis dalam manajemen pendidikan Islam. Jakarta: AMZAH.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif.

Muhyiddin, N. T., Tarmizi, M. I., & Yulianita, A. (2017). Metodologi Penelitian Ekonomi & Sosial. Jakarta: Salemba Empat.

Selviyanti, R., Bustan, J., & Sayuti, A. J. (2020). POTENSI DAYA TARIK WISATA BATIK KUJUR DI KABUPATEN MUARA ENIM. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 1(1), 30-39.

Situmorang, S. H., Muda, I., Doli, M., & Fadli, F. S. (2010). Analisis data untuk riset manajemen dan bisnis. USUpress.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan, Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Salim, H. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana.

Sukmadi, S. E. DASAR DASAR MANAJEMEN: Kepemimpinan Lintas Agama. Humaniora.

Imtihanah, A. N., SHI, M., & Zulaikha, S. (2019). DISTRIBUSI ZAKAT PRODUKTIF BERBASIS MODEL CIBEST. Gre Publishing.

Sujari Rahmanto, M. P. (2019). Manajemen Pembiayaan Sekolah. Gre Publishing.

Murtani, A. (2019). Peran UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Yayasan Ibadurrahman Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Kecamatan Mandau. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(1), 52-64.

Ridwan, M. (2018). Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada Di Medan)” (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Hutagalung, M. A. K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syari’ah. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(2), 228-239.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/al-qasd.2.1.2020.61-70

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Jurnal Al-Qasd: Islamic Economic Alternative. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241