PENGARUH LABEL HALAL KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINERAL AINIQUA (Studi Pada Konsumen Di 212 Mart Garuda)

Nur Hanifah, Muhammad Ridwan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh parsial dan simultan  label halal kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian air mineral Ainiqua pada konsumen di 212 Mart Garuda. Penelitian ini merupakan penelitin kuantitatif. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda serta uji hipotesis dengan uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan koefisien determinasi (R2). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 responden dengan ketentuan hanya konsumen yang pernah membeli dan mengkonsumsi air mineral Ainiqua. Data yang digunakan adalah data primer yang di dapat secara langsung melalui kuisioner konsumen di 212 Mart Garuda . Hasil penelitian menunjukan bahwa label halal, kualitas produk dan harga berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian air mineral ainiqua. Hasil yang diperoleh dari uji koefisien determinasi (R2) adalah R square 0,679. Hal tersebut berarti 67,9% keputusan pembelian dipengaruhi oleh label halal, kualitas produk dan harga. Sedangkan sisanya 32,1% dijelaskan oleh variabel lain.


Kata Kunci


Label Halal; Kualitas Produk; Harga; Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Luki Nugroho, L. (2019). Tidak Ada Label Halal MUI Haram? (Vol. 120). Lentera Islam.

Al-Qur’an surah Al-Maidah ayat 88, (2010). Al Quran dan terjemahan, Departemen Agama RI, Bandung : Diponegoro.

Al-Mahalli, J. (2011). Jalaluddin as-Suyuthi. Tafsir Jalalain.

Bandung, R. D., & Fathoni, A. A. (2012). Alfabeta. Sujarweni, V dan Poly Endrayanto.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.

Ghozali, I. (2005). Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ridwan, M. (2018). Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada Di Medan)” (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Hutagalung, M. A. K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syari’ah. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(2), 228-239.

Murtani, A. (2019). Peran UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Yayasan Ibadurrahman Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Kecamatan Mandau. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(1), 52-64.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/al-qasd.2.1.2020.49-60

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Jurnal Al-Qasd: Islamic Economic Alternative. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241