ANALISIS STRATEGI PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN DAN KENYAMANAN BIRO PERJALANAN UMRAH (STUDI KASUS PADA PT.GADIKA EXPRESSINDO MEDAN)

Wirdahani Syafira, Alim Murtani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi, kualitas pelayanan dan kenyamanan biro perjalanan umrah. Lokasi penelitian ini Jl. Bajak II No.55 E Simpang Brigif Mrindal-Medan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (flied research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pegawai PT.Gadika Expressindo Medan, dengan sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Dan teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menyimpulkan bahwa strategi promosi yang diterapkan oleh PT.Gadika Expressindo Medan yaitu dengan menggunakan brosur, penjualan pribadi, bekerja sama dengan ustadz dan media sosial. Kualitas pelayanan yang diberikan dalam biro perjalanan umrah PT.Gadika Expressindo medan yaitu menyediakan sarana dan prasarana seperti ruang tunggu dan ruang tamu full ac, menyediakan penginapan bagi jamaah umrah yang akan berangkat dari luar kota secara gratis, memiliki karyawan yang bertanggung jawab penuh terhadap jaamaahnya, pihak travel menyediakan asuransi kecelakaan bagi jamaahnya, serta tersedianya obat-obatan herbal atau suntik minginitis agar menambah kekebalan daya tubuh jamaah. Dan kenyamanan yang dirasakan dalam biro perjalanan umrah PT.Gadika Expressindo Medan yaitu memberikan perhatian penuh terhadap jamaah baik dari pergi sampai kembali lagi di Indonesia, mempunyai karyawan yang ramah tamah dan berkomunikasi dengan baik, Sigap dalam apapun terjadi jika ada kesalahan dari pihak travel, pihak travel selalu menjaga kebersihan tempat pendaftaran calon jamaah, serta memenuhi permintaan jamaah dari belanja, beribadah dan segalam macam yang ada disana.


Kata Kunci


Strategi Promosi; Kualitas Pelayanan; Kenyamanan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-qu’an surat Al-Baqarah ayat 158 Al-Qur’an dan Terjemahnya. Departemen Agama RI, proyek pengadaan kitb suci al-qur’an, Jakarta

Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Dengan Pemakaian Metode Perpektual Terhadap Penggunaan Aplikasi Quickbooks Accounting System (Studi Kasus UD. Rizky assila ULFA). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 3(2).

Hutagalung, M. A. K., Fitri, R., & Ritonga, S. R. W. (2019). Generasi Muslim Milenial dan Wirausaha. SINDIMAS, 1(1), 300-304.

Hutagalung, M. A. K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syari’ah. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(2), 228-239.

Murtani, A. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. Sindimas, 1(1), 279-283.

Murtani, A. (2019). Peran UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Yayasan Ibadurrahman Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Kecamatan Mandau. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(1), 52-64.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books.

Rangkuti, F. (2013). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus. Gramedia Pustaka Utama.

Prasetio, A. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Management Analysis Journal, 1(1).

Supadmi, N. L. (2009). Meningkatkan kepatuhan wajib pajak melalui kualitas pelayanan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 4(2), 1-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/al-qasd.2.1.2020.40-48

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Jurnal Al-Qasd: Islamic Economic Alternative. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241