ANALISIS IMPLEMENTASI PENYALURAN DANA ZIS UNTUK BEASISWA PENDIDIKAN (STUDI KASUS : LAZISMU MEDAN)

Wan Zulkarnain, Alim Murtani

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penyaluran dana zakat, infaq, dan shadaqah yang selama ini lebih cenderung dialokasikan pada program ekonomi, program sosial, program kesehatan, dan program dakwah. Sedangkan untuk program pendidikan masih dianggap belum bisa dimaksimalkan karena  hasilnya yang tidak begitu terlihat. Padahal pendidikan merupakan aspek yang sangat penting dalam menunjang kehidupan bangsa karena melalui pendidikan dibentuk karakter serta pemikiran manusia untuk menjadi lebih baik di kemudian hari. Salah satu lembaga zakat yang mengalokasikan dana ZIS untuk program pendidikan adalah LAZISMU Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penyaluran dana ZIS untuk beasiswa pendidikan di LAZISMU Medan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara serta diskusi terfokus di kantor LAZISMU Medan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari dana yang berhasil dihimpun, LAZISMU Medan menyalurkan dana ZIS untuk program ekonomi sebesar 25 %, 10 % untuk program kesehatan, 15 % untuk program sosial kemanusiaan dan 10 % untuk program dakwah, sementara penyaluran untuk beasiswa pendidikan sebesar 40 %. Penyaluran dana ZIS untuk beasiswa pendidikan dilakukan dengan proses seleksi dan selanjutnya akan dilakukan survey sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan LAZISMU Medan.


Kata Kunci


Penyaluran; Dana ZIS; Beasiswa Pendidikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Fadlil, A. H. Manajemen pendistribusian dana ZIS pada program beasiswa di BAZDA Kota Tangerang Selatan.

Darmawan, D., & Arafah, S. (2020). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Dan Fasilitas Layanan Zakat Terhadap Keputusan Membayar Zakat Mal Pada Baznas Kabupaten Langkat. Jurnal Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 329-342.

Djamil, F. (2010). Reinterpretasi Pendayagunaan ZIS Menuju Efektivitas Pemanfaatan Zakat Infak Sedekah. Jakarta : Piramedia.

Fahrini, H. H., Haris, I. A., & Tripalupi, L. E. (2016). Efektivitas Program Penyaluran Dana Zakat Profesi Dalam Bentuk Pemberian Beasiswa Bagi Siswa Muslim Kurang Mampu oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Kabupaten Tabanan Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 7(2).

Hutagalung, M. A. K. (2019). ANALISA PEMBIAYAAN GADAI EMAS DI PT. BANK SYARI’AH MANDIRI KCP SETIA BUDI. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(1), 116-126.

Murtani, A. (2019). Peran UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Yayasan Ibadurrahman Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Kecamatan Mandau. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(1), 52-64.

Siagian, S. P. (1992). Fungsi-Fungsi Manajerial . Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tho’in, M. (2017). Pembiayaan Pendidikan Melalui Sektor Zakat. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 9(2).

Tirtahardja, U., & La Sulo, S. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Zabadi, A. F. (2018). Penyaluran dana zakat untuk program beasiswa dhuafa pada Darunnajah Charity Jakarta Selatan (Bachelor's thesis, Jakarta : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah).




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/al-qasd.2.1.2020.11-20

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Jurnal Al-Qasd: Islamic Economic Alternative. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241